• Senin, 15 Agustus 2022

Bahan Pokok Naik Tapi Inflasi Tetap Terkendali

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:33 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  (BPMI Setpres/Lukas/Cover Both Side)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (BPMI Setpres/Lukas/Cover Both Side)

BAACA.ID- Bahan-bahan pokok di Indonesia, dikabarkan mengalami kenaikan.

Kendati demikian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan, kalau inflasi tetap terkendali.

Hal tersebut, disampiakan Airlangga, saat mengikuti rapat bersama Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita masih menjaga inflasi kita saat sekarang masih di sekitar kemarin diumumkan 4,9 (persen). Namun, kita lihat pertumbuhan ekonomi kita masih sedikit di atas 5 persen," kata dia, pada Kamis 4 Agustus 2022.

Baca Juga: Kabar Gembira Khusus Makassar! Isi Pertamax dan Dex Series Gratis 1 Liter

"Besok BPS akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi di Q2, tapi pemerintah dengan Indeks Keyakinan Konsumen juga baik dan PMI (purchasing manager index) di 51,3, kami optimistis angkanya (pertumbuhan ekonomi) di atas 5 persen,” sambungnya.

Sebagaimana diberitakan ayoindonesia.com dalam artikel berjudul "Menko Perekonomian Sebut Inflasi Tetap Terkendali Meskipun ada Kenaikan Harga Bahan Pokok".

Menurut Airlangga, kenaikan inflasi dipicu oleh kenaikan beberapa komoditas pangan dan energi. Namun, ia menuturkan bahwa hingga saat ini pemerintah terus mempertahankan daya beli masyarakat untuk kedua komoditas tersebut melalui sejumlah subsidi sebagai jaring pengaman sosial.

“Indonesia tidak melakukan pass through harga, berbeda dengan negara lain. Tentu jumlah subsidi yang diberikan di tahun ini kan sudah disetujui oleh DPR sehingga tentu itu menjadi jaringan pengaman sosial di masyarakat,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Aman Mengatasi Kredit KUR Bank Macet

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:37 WIB

Bahan Pokok Naik Tapi Inflasi Tetap Terkendali

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:33 WIB
X