• Kamis, 11 Agustus 2022

Macam-macam Jenis Monstera yang Populer di Indonesia

- Sabtu, 24 April 2021 | 14:00 WIB
macam macam jenis monstera
macam macam jenis monstera

Baaca.id - Monstera atau yang biasa disebut janda bolong ini merupakan jenis tanaman hias tropis yang sering dipakai sebagai interior rumah minimalis. Dilansir dari berbagai sumber, nama monstera ini diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena daunnya mempunyai bentuk yang berlubang. Menurut Monsteraplantresource, monstera berasal dari hutan tropis dari Amerika Tengah dan Selatan. Macam-macam jenis monstera terdapat lebih dari 48 varietas, akan tetapi tentunya hanya ada beberapa yang populer di Indonesia. Selama masa pandemi covid 19, tanaman ini banyak diburu untuk mengisi waktu dalam kegiatan berkebun. Selain itu orang-orang juga tertarik karena keindahannya dan mempunyai daun yang mengkilap lebar berwarna hijau pekat berpola seperti bentuk hati. Tanaman monstera ini mudah untuk ditanam di dalam ruangan sehingga membuat tanaman ini semakin diminati dan membuat ruangan menjadi semakin sejuk. Macam-macam jenis monstera juga sangat beragam. Selain itu tanaman ini juga dinilai sangat mahal karena lubang atau belahan pada daun menjadi ciri khas monstera. Lubang-lubang ini terbentuk karena adanya pembelahan sel yang tidak sempurna pada tanaman, sehingga monstera tumbuh secara abnormal. Berikut ini macam-macam jenis monstera dan cara merawatnya yang wajib kamu ketahui supaya tumbuh dengan subur:

Macam-macam Jenis Monstera dan Cara Merawatnya

Keunggulan dari tanaman monster yaitu tidak perlu terlalu sering disiram. Tanaman ini sangat sesuai untuk kamu yang masih pemula dalam berkebun. Beda dengan tanaman tropis lainnya, monstera ini aman di tempat yang sejuk dan tidak perlu dipindahkan ke tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Berikut ini adalah 8 jenis tanaman monstera yang populer di Indonesia.

1. Monstera Deliciosa

Macam-macam jenis monster ini termasuk yang paling sering ditemui. Ciri monstera deliciosa ini mempunyai daun yang lebar dengan lubang-lubang memanjang mulai dari tengah sampai pinggiran daunnya. Semakin tua daunnya, maka warna yang dihasilkan akan semakin hijau pekat. Tanaman ini biasa dijadikan untuk dekorasi interior karena dapat tumbuh dalam suhu 20-30 derajat celcius. Apabila ditanam di tanah, monstera ini akan tumbuh secara merambat atau menjalar, dan ukuran daun yang dihasilkan juga akan membesar. Namun, tumbuhan monstera ini juga dapat tumbuh subur di dalam pot, selain itu juga bisa tumbuh di dalam vas yang ditambah air. Baca Juga:

2. Monstera Deliciosa Varigata

Dibandingkan dengan jenis monstera lainnya. Varietas deliciosa yaitu tanaman yang mudah kamu temui di pasaran. Jika deliciosa biasanya berwarna hijau, namun monstera jenis ini unik, karena pada bagian daunnya berwarna putih. Warna ini membuat tanaman cukup sulit menyerap sinar matahari sehingga hindari menyimpan di ruangan yang gelap atau kurang cahaya matahari. Untuk perawatannya, tidak berbeda dengan monstera deliciosa normalnya. Yaitu siram tanaman pada saat kering dan beri dukungan tempat atau objek supaya tumbuh ke atas dengan cantik.

3. Monstera Borsigina

Monstera Borsigiana merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk hiasan. Macam-macam jenis monstera ini mempunyai lubang yang lebih sedikit. Ukuran batang dari jenis ini lebih kecil dan berbentuk bulat. Namun dalam perawatannya, hindari tanaman dengan paparan sinar matahari langsung, kamu bisa meletakkannya sebagai dekorasi area indoor.

4. Monstera Karstenianum

Monstera karstenianum atau yang biasa disebut dengan monstera Peru. Tanaman ini sekilas mirip dengan daun sirih. Macam-macam jenis monstera ini bisa kamu pakai sebagai dekorasi meja rumah. Monstera karstenianumuga termasuk jenis monster yang harganya murah dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Jadi bisa kamu pilih apabila masih belajar dalam menanam monstera. Monstera karstenianum biasa hidup di kelembaban tinggi, oleh karena itu sangat penting untuk menyemprot daun ini secara rutin.

5. Monstera Minima

Bentuknya yang mungil akan memberikan kesan cantik ketika dijadikan dekorasi rumah. Tanaman hias ini meskipun bentuknya menyerupai monster tetapi sebenarnya termasuk jenis Rhaphidophora tetrasperma. Di alam liar, Monstera minima dapat tumbuh pesat sampai dengan ketinggian 5 meter. Merawat monstera jenis ini sangat mudah karena mereka kuat hidup di berbagai kondisi. Supaya memperoleh daun yang cantik, sebaiknya letakan Monstera minima ditempat yang lembap atau di jendela rumah.

6. Monstera Epipremnoides

Karena mempunyai bentuk daun yang besar dan rongga yang menyerupai keju swiss, Monstera epipremnoides biasa dikenal dengan Swiss Chesee Plant. Tanaman ini bisa kamu temui di pasaran dengan mudah. Ketika tanaman ini memasuki usia tua, lubang daun tanaman ini mulai menghilang dan mulai berubah yang menghasilkan bentuk daun yang menyirip. Tumbuhan ini dapat berkembang sampai setinggi 13 kaki atau sekitar 3 meter. Itulah macam-macam jenis monstera yang paling diminati di Indonesia untuk dijadikan dekorasi rumah yang cantik dan nyaman. Kamu bisa memilih salah satu diantaranya dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang kamu punya.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Rekomendasi 8 Makanan Enak, Cocok untuk Diet

Selasa, 26 Juli 2022 | 14:00 WIB
X