• Kamis, 11 Agustus 2022

10 Cara Mudah Mengatasi Anxiety yang Sering Kambuh

- Minggu, 26 Juni 2022 | 02:50 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami anxiety. (Kat Smith)
Ilustrasi orang yang mengalami anxiety. (Kat Smith)

BAACA.ID  - Kalau Anda sering merasa tidak nyaman seperti sangat stres, ketakutan, detak jantung meningkat, dan mulai sesak napas, bisa jadi sedang mengalami kecemasan. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kalau Kegelisahan muncul di rumah mungkin Anda bisa dengan mudah mengatasinya. Namun, kalau muncul di tempat kerja atau jalanan?

Cara mengatasi kecemasan dengan mudah

Mengatasi kecemasan sebenarnya tidak mudah kalau Anda belum terbiasa. Namun, jika sudah terbiasa, beberapa menit saja perasaan tidak nyaman itu akan hilang begitu saja. Kalau Anda termasuk sering mengalami kecemasan, simak beberapa cara di bawah ini.

  1. Bernapaslah dengan benar

Salah satu cara atau teknik paling mudah untuk mengatasi kecemasan adalah mengatur napas. Saat kecemasan muncul biasanya kita sering sesak napas. Akhirnya pilihan pengambilan napas panjang dan sangat kuat dilakukan. Sayangnya napas yang terlalu kuat dan cepat justru memicu hiperventilasi.

Cara terbaik untuk mengatur napas adalah dengan menarik dan mengembuskan napas perlahan-lahan. Nikmati setiap tarikan dan embusan yang terjadi. Sebisa mungkin waktu untuk menarik dan mengembuskan udara sama. lakukan 10-15 menit hingga tubuh terasa lebih nyaman.

Baca Juga: Informasi Kesehatan : 5 Tips Sehat Makan Daging Kambing (Tidak Perlu Takut Kolesterol)

  1. Gunakan aromaterapi yang

Mungkin terlihat sangat sepele, tapi aneka aromaterapi yang sangat menyegarkan bisa mengatasi kecemasan yang dialami. Kalau Anda terbiasa mengalami kecemasan, selalu bawa apa saja yang bisa mengeluarkan aroma yang nyaman. Bisa dalam bentuk minyak esensial atau lilin.

Aroma yang tenang dan menyegarkan bisa membuat otak terpengaruh. Akhirnya reseptor yang menyebabkan kecemasan dapat segera diatasi. Cara ini cukup ampuh sehingga Anda wajib memiliki lilin, minyak, atau pewangi ruangan dengan aroma yang mungkin seperti lavender.

  1. Menantang rasa takut

Kecemasan sering muncul begitu saja dan membawa rasa takut yang sebenarnya bisa dilawan. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melawan rasa takut itu dan membuat dirinya jadi semakin terperosok ikut masuk dalam kondisi stres.

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan adalah melawannya. Anda harus tahu kalau rasa takut yang muncul tidak akan menjadi kenyataan. Jadi, lawan saja dan buat semacam alasan untuk melakukan  counter attack .

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Rekomendasi 8 Makanan Enak, Cocok untuk Diet

Selasa, 26 Juli 2022 | 14:00 WIB
X