• Kamis, 29 September 2022

Informasi Kesehatan: Berikut Ini 5 Penyebab Mata Merah Saat Memakai Lensa Kontak

- Minggu, 18 September 2022 | 21:15 WIB
Lensa Mata (Devi )
Lensa Mata (Devi )

BAACA.ID - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seseorang kalau mereka mengalami gangguan penglihatan. Cara pertama yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan kacamata. Selanjutnya seseorang juga kerap menggunakan lensa kontak atau softlens meski memiliki beberapa risiko yang berbahaya.
Risiko menggunakan lensa kontak

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menggunakan lensa kontak. Ada yang menggunakan lensa kontak karena merasa nyaman dan tidak perlu menggunakan kacamata yang berat. Selain itu, ada juga yang memakai lensa kontak untuk tujuan estetika saja. Pasalnya ada banyak jenis lensa kontak yang warna dan motifnya menarik.

Apa pun alasan seseorang menggunakan lensa kontak, risiko menggunakan alat bantu penglihatan ini tetap saja. Seseorang bisa mengalami gangguan pada mata seperti merah dan sangat gatal kalau memakai lensa kontak yang salah atau tidak aman.

Baca Juga: Informasi Kesehatan: 7 Tanda Anak Alami Gangguan Kesehatan Mental

Sebelum menggunakan lensa kontak untuk keperluan apa pun, ada baiknya untuk membelinya di tempat yang benar dan asli. Jangan asal beli asal murah dan kelihatan indah. Karena bahan dari lensa kontak bisa saja berbahaya untuk mata yang sangat sensitif.
Penyebab mata merah saat memakai lensa kontak

Kesalahan memakai lensa kontak atau kondisi medis tertentu akan membuat mata jadi mudah merah. Kalau Anda sering mengalami mata merah saat menggunakan lensa kontak.

Baca Juga: Anda Sering Melamun? Berikut 7 Tanda Saat Seorang Sedang Lelah Mental

1.Tidur dengan lensa kontak

Penyebab utama dari mata yang merah saat menggunakan lensa kontak adalah lupa melepasnya. Beberapa orang memiliki kebiasaan melepas lensa kontak setelah kerja. Namun, ada juga yang melepasnya saat akan tidur. Akhirnya mata mengalami gangguan dan akhirnya memerah.

Saat lensa kontak tidak dilepas, area mata akan menjadi lebih kotor. Selain itu gesekan saat tidur juga tidak bisa dihindari. Akibatnya saat bangun tidur mata akan menjadi sangat merah dan terlihat tidak sehat. Kondisi ini biasanya bertahan selama sehari dan esok hari akan kembali seperti semula.

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Cepat Perbaiki Resleting yang Rusak

Rabu, 28 September 2022 | 15:00 WIB

Tanda-Tanda Psikopat yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Rabu, 28 September 2022 | 14:58 WIB

Cara Merawat Perhiasan Perak Hanya Dengan Bahan Dapur

Rabu, 28 September 2022 | 13:24 WIB

Komponen Sistem Pengapian pada Mobil dan Fungsinya

Rabu, 28 September 2022 | 12:53 WIB

Ingin Merasa Bahagia Sepanjang Hari? Cobalah Tips Ini

Rabu, 28 September 2022 | 12:49 WIB

Gerakan Olahraga Ringan, Cukup di Meja Kerja Anda

Rabu, 28 September 2022 | 12:43 WIB

6 Cara Budidaya Kutu Air dengan Daun Ketapang

Rabu, 28 September 2022 | 12:32 WIB
X