• Minggu, 29 Januari 2023

Korsel dan Indonesia Eratkan Kemitraan Lewat KASI

- Jumat, 30 Desember 2022 | 11:03 WIB
Dokumentasi: Pemaparan materi Indo-Pacific: The Geostrategic of The Korea-ASEAN Relationship oleh Abriham Singh Yadav, Dosen Hubungan Internasional LSPR Communication and Business Institute pada kegiatan International Webinar Korea-ASEAN Solidarity Initiatives di Universitas Pertamina, Selasa (20/12
Dokumentasi: Pemaparan materi Indo-Pacific: The Geostrategic of The Korea-ASEAN Relationship oleh Abriham Singh Yadav, Dosen Hubungan Internasional LSPR Communication and Business Institute pada kegiatan International Webinar Korea-ASEAN Solidarity Initiatives di Universitas Pertamina, Selasa (20/12

BAACA.ID,-Melansir dari laman resmi ASEAN, Korea Selatan menjadi mitra internasional penting ASEAN sejak tahun 1989. Pada tahun 2015, ASEAN dan Korea Selatan menandatangani perjanjian ASEAN-Korea Free Trade Area yang mempermudah transaksi perdagangan antara ASEAN dengan Korea Selatan. Dampaknya, hingga tahun 2020 Korea Selatan menjadi mitra ekonomi terbesar ke empat ASEAN dengan total perdagangan dua arah mencapai 154,2 miliar USD.

Berbicara pada kegiatan International Webinar Korea-ASEAN Solidarity Initiatives (KASI): Epicentrum of Peace and Prosperity in the Indo-Pacific, Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN, Kwon Hee Seok, mengatakan, melalui kemitraan dengan ASEAN, Korea Selatan memiliki visi untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, damai, dan makmur.

“Melalui kemitraan ini, kami akan berusaha keras untuk menegakkan tatanan internasional seperti demokrasi, hak asasi manusia, perdamaian. Juga memainkan peran aktif untuk mencegah terjadinya konflik serta menegakkan prinsip perdamaian dan resolusi,” jelas Kwon.

Baca Juga: Cara Masuk Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Admin

Seminar internasional Korea-ASEAN Solidarity Initiatives diselenggarakan atas kerja sama Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina dengan Kantor Berita Politik RMOL.ID. Acara ini turut dihadiri Asisten Deputi Kerja Sama Regional dan Sub Regional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Netty Muharni, CEO Kantor Berita Politik RMOL.ID, Teguh Santosa, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Financial Attache of Korean Mission to ASEAN, Kim Taek Dong, serta Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN-MOFA, Sidharto Reza Suryodipuro.

Dalam sambutannya, Netty menyebut kemitraan yang dibangun antara ASEAN dan Korea Selatan memainkan peran penting dalam perekonomian di regional Indo-Pasifik.

“Di tahun 2030 nanti wilayah Indo-Pasifik diperkirakan akan memiliki 3,5 juta jiwa populasi kelas menengah. Potensi ekonomi ini telah menarik perhatian dari banyak kekuatan global untuk datang ke kawasan Indo-Pasifik yang mengarah kepada terbentuknya kawasan ini sebagai tahap kontestasi neopolitik dan geoekonomi baru,” ujar Netty.

Baca Juga: Dorong Mandiri Benih Jagung, Gubernur Andi Sudirman Resmikan Pabrik Benih Jagung di Maros

Sebagai salah satu negara anggota ASEAN, Indonesia juga memiliki hubungan diplomatik yang dekat dengan Korea Selatan. Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, hubungan baik di antara kedua negara telah berlangsung selama 49 tahun. Indonesia tercatat telah menjadi destinasi investasi Korea Selatan terbanyak ke-2 setelah Vietnam. Tidak hanya kerja sama ekonomi, hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan juga dijajaki di berbagai bidang seperti pariwisata, edukasi, serta kerja sama antarkota dan antarprovinsi.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korsel dan Indonesia Eratkan Kemitraan Lewat KASI

Jumat, 30 Desember 2022 | 11:03 WIB

Gegara Tab Video, Twitter Disebut Tiru TikTok

Jumat, 30 September 2022 | 18:10 WIB
X