• Kamis, 8 Desember 2022

Pecinta Bonsai Harus Tahu! Berikut Hal-hal yang Harus di Perhatikan Saat Merawat Bunga Kelapa Bonsai

- Selasa, 27 September 2022 | 11:55 WIB
bunga kelapa bonsai
bunga kelapa bonsai

BAACA.ID -  Teknik pembuatan tanaman menjadi kerdil alias bonsai, sudah dikenal di masyarakat Cina sejak tahun 220 Masehi, di negara asalnya, teknik ini disebut dengan penjing. Teknik ini awalnya dilakukan oleh sejumlah tabib di negara China, mereka saling bertukar hadiah berupa tanaman yang dikerdilkan atau dijadikan bonsai.

Jika pada umumnya bonsai dibuat dari tanaman berkayu keras namun kini muncul bonsai yang unik yakni bonsai dari pohon kelapa. Tak banyak yang mengira pohon kelapa yang biasanya tumbuh tinggi menjulang, bisa dikerdilkan dengan cara seperti ini. Untuk membuat bunga kelapa bonsai, perlu beberapa hal untuk diperhatikan, mulai dari:

Baca Juga: Suka dengan Aristoteles? Berikut Ini 20 Kata-kata Bijak Aristoteles

1. Pemilihan Jenis Kelapa

Sama seperti dalam pemilihan tanaman yang baik, untuk menghasilkan bunga kelapa bonsai dengan hasil yang baik maka hal pertama yang disiapkan adalah menyiapkan bibit kelapa yang baik.

Jenis kelapa yang sering dijadikan bonsai adalah kelapa gadung merah, kelapa gading susu dan kelapa albino.

Baca Juga: Cara Mengikuti Webinar Kartu Prakerja

2. Pemilihan Bibit

Bibit yang baik adalah, bibit kelapa yang berasal dari pohon kelapa yang memiliki banyak akar dengan ukuran batok kecil. Kemudian pilih buah kelapa yang tua dan dipetik langsung dari pohon, bukakebuah kelapa yang sudah jatuh karena terlalu tua.

3. Penempatan Posisi Batok Kelapa

Pada minggu ke 2 dan ke 3 biasanya tunas kelapa sudah mulai muncul, nah, posisi bibit juga harus diperhatikan. Bibit yang diletakkan vertikal akan menghasilkan batok kelapa yang dikelilingi akar, sedangkan penempatan bibit yang horizontal akan menjadikan kelapa tumbuh mirip keong.

Baca Juga: Cara Membuat Tanaman Bonsai Kelapa dengan Mudah

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:26 WIB

Terpopuler

X