• Kamis, 8 Desember 2022

Suku Bugis Wajib Tahu Nih! Mengenal Nama Gelar Bangsawan Bugis dan Maknanya

- Rabu, 28 September 2022 | 15:26 WIB
nama gelar bangsawan bugis
nama gelar bangsawan bugis

BAACA.ID - Daerah Sulawesi Selatan dahulu terdapat beberapa kerajaan Islam yang sebagian besar berbentuk kesultanan. Deretan kesultanan tersebut antara lain Kerajaan Bone, Kerajaan Gowa-Tallo, Kerajaan Buton, dan Kerajaan Wajo (Bugis).

Pada masa itu, sebagian besar kesultanan di Sulawesi Selatan berbagi menjadi 4 macam gelar yaitu mengikuti pemerintahan, jabatan yang didudukinya, berdasarkan keturunan bangsawan, dan orang yang berjasa kepada kerajaan.

Saat itu gelar kebangsawanan di Sulawesi Selatan diberikan kepada orang dengan tujuan membedakan kasta bangsawan atau di atasnya dalam kerajaan-kerajaan di Sulawesi Selatan.

Daftar gelar kebangsawanan di Sulawesi Selatan tersebut, antara lain: Andi, Arung, Bau, Daeng, Datu, Karaeng, Opu, La, Sombaiya, dan Tenri. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini beberapa nama gelar beserta maknanya:

Makna Nama Gelar “La”

Biasanya masyarakat Bugis mempunyai kebiasaan memanggil seorang laki-laki dengan nama gelar bangsawan Bugis dengan awalan La misalnya La Getteng (Si Tangguh). Sedangkan panggilan bagi perempuan nama gelar bangsawan Bugis dengan panggilan La Baso/Baco yang kemudian ditambahi jadi I Cinnong (Si Jernih).

Lain lagi panggilan orang Makassar memanggil nama gelar bangsawan Bugis dengan menambahkan awalan I di depan hingga muncul nama I Gassing, sedang  perempuan dengan panggilan I Sunggu.

Istilah I memang menarik, karena panggilan seperti ini menganggap sesuai adat Pangngadereng. Namun, dalam  perkembangannya nama tersebut tidak bisa lagi digunakan kalau bukan dari kalangan bangsawan.

Makna Nama Gelar “Daeng”

Masyarakat Suku Bugis memiliki nama gelar bangsawan Bugis dengan sebutan Daeng. Gelar Daeng tersebut dalam perkembangannya dijadikan sebagai tambahan salah satunya nama Daeng Parukka.

Nama gelar bangsawan Bugis yang ada di Makassar memiliki panggilan berbeda, bahkan nama Daeng tersebut bisa dipakai orang biasa yang tinggal di Makassar dengan menambahkan di depan namanya.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:26 WIB

Terpopuler

X