• Sabtu, 28 Mei 2022

Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang yang Baik dan Benar

- Selasa, 27 April 2021 | 11:04 WIB
contoh surat perjanjian hutang piutang
contoh surat perjanjian hutang piutang

Baaca.id — Pinjam-meminjam merupakan hal yang sensitif bagi sebagian orang. Tidak jarang, permasalahan ini membuat hubungan antara kedua belah pihak yang awalnya dekat menjadi renggang bahkan dalam kurun waktu sangat lama. Umumnya masalah tersebut dipicu karena pihak peminjam yang selalu mencari alasan untuk tidak segera melunasi hutangnya. Aktivitas hutang piutang hanya didasari dengan perjanjian lisan. Akan tetapi untuk ukuran hutang atau piutang dalam jumlah yang lumayan besar, perlu adanya bukti pertanggungjawaban yaitu berupa surat perjanjian hutang piutang.

Pengertian Surat Perjanjian Hutang Piutang

Surat perjanjian hutang piutang termasuk ke dalam bukti yang tertulis. Surat perjanjian hutang piutang merupakan suatu bentuk akta bawah tangan karena disiapkan dan dibuat oleh pihak-pihak yang terlibat secara pribadi. Jadi surat perjanjian hutang piutang adalah surat yang ditandatangani oleh kedua belah pihak antara debitur atau yang berhutang dengan kreditur atau pemberi hutang sebagai bentuk bukti adanya aktivitas hutang piutang.

Fungsi Surat Perjanjian Hutang Piutang

Dalam aktivitas hutang piutang biasanya terdapat beberapa bukti baik secara lisan, nominal, waktu, atau subyek hutang-piutang. Sama halnya dengan fungsi dokumen tertulis lainnya, yaitu adanya surat perjanjian menjadi bukti fisik yang memuat semua hal bukti adanya transaksi hutang-piutang yang nantinya akan dijadikan sebagai bukti yang sah untuk ditunjukkan jika ada perselisihan. Hal tersebut dilakukan karena sering terjadi masalah di antara kedua belah pihak contohnya seperti kreditur lupa jumlah nominal yang dihutangkan, debitur kabur atau dengan sengaja menunda waktu pembayarannya dan masih banyak lagi. Risiko tersebut sering terjadi dan surat perjanjian hutang piutang menjadi bukti yang kuat di mata hukum.

Komponen Surat Perjanjian Hutang Piutang

Surat perjanjian hutang piutang harus ada berbagai informasi yang lengkap supaya tidak menimbulkan kerancuan, terutama tentang pihak-pihak yang terkait, besarnya nominal yang dipinjamkan, dan hak dan kewajiban masing-masing pihak yang bersangkutan. Berikut ini adalah komponen yang harus ada di dalam surat perjanjian hutang piutang.

Judul

Judul yang di maksud atau objek perjanjian yang ditulis harus jelas dan ringkas. Judul ditulis dengan huruf kapital dan dipertebal di tengah supaya mudah dibaca.

Pembuka

Berisi maksud dari surat perjanjian itu dibuat yang di dalamnya terdapat data pribadi dari kedua belah pihak. Data pribadi umumnya berisi nama kedua belah pihak, nomor kartu identitas, profesi, alamat, nomor telepon, dan keterangan identitas lainnya.

Isi

Pada bagian ini berisi kesimpulan mengapa surat perjanjian itu dibuat. Selain itu, berisi juga nominal pinjaman, tujuan pinjaman, dan pasal pasal perjanjian. Pasal perjanjian umumnya berisi nominal utang yang harus dibayarkan, bunga pinjaman, waktu tenggat pembayaran, syarat-syarat dan metode penyelesaian perselisihan. Dalam membuat isi surat perjanjian, sebaiknya kalimat ditulis dengan sejelas-jelasnya tanpa ada makna ganda yang bisa membuat kesalahpahaman.

Penutup

Di dalam surat perjanjian hutang piutang meempunyai penutup yang berisi kalimat harapan atau tegasan bahwa seluruh isi surat dibuat tanpa paksaan dan disaksikan oleh kedua belah pihak dan para saksi. Selain itu, ada berisi kolom tanda tangan yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak dan perwakilan para saksi. Berikut ini adalah format dan contoh surat perjanjian hutang piutang yang dilansir dari rusdionoconsulting.com. Baca Juga:

Format Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

Berikut ini adalah contoh surat perjanjian hutang piutang yang dapat dibuat seperti dibawah ini.

PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

Berdasarkan perjanjian yang dibuat pada hari.. tanggal .. oleh dan antara: Nama: No KTP: Pekerjaan: Alamat: No Telepon: Dalam hal ini bertindak atas nama sendiri dan kemudian PIHAK PERTAMA Nama: No KTP: Pekerjaan: Alamat: No Telepon: Dalam hal ini bertindak atas nama sendiri dan kemudian PIHAK KEDUA Berdasarkan perjanjian yang telah dibuat, kedua belah pihak terlebih dahulu menjelaskan beberapa hal berikut: Bahwa pada tanggal _____________, PIHAK PERTAMA dengan sah mempunyai hutang uang sebesar _____________(diisi nominal dengan huruf) kepada PIHAK KEDUA.
  1. Atas pengajuannya, PIHAK PERTAMA mengaku telah menerima uang pinjaman secara tunai sebesar _____________(diisi nominal dengan huruf) yang diberikan dan disetujui oleh PIHAK KEDUA pada tanggal ______________.
  2. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat bahwa pembayaran hutang dilakukan secara tunai dengan bunga (jika memang menggunakan bunga) _________ dengan tenggat waktu pada tanggal ____________.
  3. Jika waktu pembayaran melewati batas waktu yang ditentukan, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat bahwa PIHAK KEDUA akan membayarkan denda sebesar ___________ dengan batas waktu satu bulan berikutnya.
  4. Adapun perjanjian hutang piutang ini dibuat rangkap dua, bermaterai cukup, di mana masing-masing pihak mempunyai kekuatan hukum yang sama dan berlaku sejak kedua belah pihak menandatangani surat tersebut.
  5. Adapun tentang hal-hal yang belum dituangkan dalam perjanjian ini akan diatur kemudian berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.
Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. ______, ___________ Pihak Pertama Pihak Kedua (Tanda Tangan) (Tanda Tangan) (Nama Jelas) (Nama Jelas) Saksi-Saksi: 1._____________ 2._____________   Sebaiknya surat perjanjian hutang piutang disertai juga dengan salinan KTP, NPWP kedua belah pihak dokumen pendukung lainnya. Selain itu, untuk memperkuat bukti apabila ada perselisihan, sebaiknya ditandatangani oleh masing-masing pihak yang bersangkutan dan saksi-saksi di tiap halaman surat. Demikianlah artikel tentang penjelasan dan contoh surat perjanjian hutang piutang, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Magau Group Raih Penghargaan Nasional

Sabtu, 23 April 2022 | 21:09 WIB

Cara Mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Jumat, 15 April 2022 | 15:01 WIB
X