• Senin, 27 Juni 2022

Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Nasional, BI Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi

- Selasa, 14 Juni 2022 | 19:30 WIB
Digitalisasi Pembayaran 2
Digitalisasi Pembayaran 2

BAACA.ID - Zaman telah jauh berkembang dan semakin moderen tidak terkecuali dengan sistem pembayaran, adapun digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia yang turut didukung Bank Indonesia untuk mengajak masyarakat berpartisipasi.

Erwin Haryono sebagai Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif Bank Indonesia mengutarakan bahwa engembangan IPT sejalan dengan visi sistem pembayaran Indonesia dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, khususnya sebagai bentuk dukungan integrasi Ekonomi Keuangan Digital (EKD) nasional.

Baca Juga: Lupa Kata Sandi? Ini 4 Cara Mudah Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook Hanya 5 Menit

Kata Erwin Haryono dalam keterangan tertulisnya dilansir Kabar Rakyat dari bi.go.id, Selasa (14/06/2022) "Kehadiran IPT akan mendukung interkoneksi antar pelaku Sistem Pembayaran (SP) dan memperluas akseptansi serta inklusifitas dalam ekosistem digital dengan prinsip sistem pembayaran yang cepat, murah, mudah, aman, dan andal (CEMUMUAH)".

Sebagaimana diberitakan kabarrakyat.id yang berjudul "BI Ajak Masyarakat Berpartisipasi Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Nasional".

“ Kehadiran IPT akan mendukung interkoneksi antar pelaku Sistem Pembayaran (SP) dan memperluas akseptansi serta inklusifitas dalam ekosistem digital dengan prinsip sistem pembayaran yang cepat, murah, mudah, aman, dan andal (CEMUMUAH), “ Kata Erwin Haryono dalam keterangan tertulisnya dilansir Kabar Rakyat dari bi.go.id, Selasa (14/06/2022)

Baca Juga: PERHATIKAN! Cara Cuci Tangan yang Perlu Diketahui

IPT memiliki tiga fitur utama yang berfungsi dalam rangka proses inisiasi dan otentikasi transaksi pembayaran yang untuk selanjutnya akan diproses oleh infrastruktur SP ritel nasional untuk penyelesaian transaksi.

Pertama adalah Single Interface, yang memungkinkan interkoneksi dan interoperabilitas antar pelaku industri dengan memanfaatkan API yang terstandar.

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: KabarRakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SEPAKAT! DPR RI Ibu Hamil 6 Bulan Harus Cuti

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:30 WIB
X