• Rabu, 10 Agustus 2022

Fenomena Hujan Meteor Bootid Tanggal 27 Juni 2022, Terlihat Dilangit Jakarta Sampai Bali Berikut Waktu Terbaik

- Minggu, 26 Juni 2022 | 12:30 WIB
Ilustrasi hujan meteor bootid. (Pixabay)
Ilustrasi hujan meteor bootid. (Pixabay)

BAACA.ID - Fenomena menakjubkan akan terjadi tepat pada 27 Juni 2022, fenomena tersebut merupakan hujan Meteor Bootid.
hua
Bagaimana peristiwa ini bisa terjadi? Serta Apa itu Hujan Meteor Bootid?

Peristiwa ini terjadi ketika  Bumi melewati aliran puing-puing yang tertinggal di belakang komet dan asteroid sehingga terjadilah hujan Meteor Bootid.

Baca Juga: Mau Aglonema Berdaun Besar dan Rimbun? Lakukan Cara Ini!

Sebagaimana diberitakan zonabanten.pikiran-rakyat.com yang berjudul "Hujan Meteor Bootid Tanggal 27 Juni 2022, Terlihat di Langit Jakarta? Berikut Waktu Terbaik untuk Melihatnya".

Seiring waktu, potongan puing-puing seperti pasir di aliran ini akan menyebar dengan sendirinya di sepanjang orbit objek induk di sekitar tata surya.

Bintang jatuh akan terlihat setiap kali salah satu dari puing-puing ini bertabrakan dengan atmosfer bumi, dan biasanya akan terbakar pada ketinggian sekitar 70-100 km.

Baca Juga: Berikut 5 Aglonema Tercantik Dengan Harga Fantastis

Di hari-hari tertentu dalam satu tahun, orbit Bumi akan melewati aliran yang sangat padat dan berkaitan dengan komet atau asteroid yang telah melepaskan sejumlah besar materi di luar angkasa.

Nah, hal itulah yang menyebabkan hujan meteor tahunan. Biasanya, hujan meteor akan berulang setiap tahunnya, setiap kali Bumi melewati titik tertentu dalam orbitnya di mana ia melintasi aliran material tertentu.

Apakah fenomena alam hujan Meteor Bootid ini bisa terlihat di langit Jakarta? Ya, hujan Meteor Bootid ini bisa terlihat dari langit Jakarta hingga Bali.

Baca Juga: Kasus Dugaan Pengeroyokan Oleh Iko Uwais Kini Semakin Jelas Setelah Ditemukannya 2 Barang Bukti Baru

Bahkan, tak hanya satu hari, hujan Meteor Bootid ini akan mulai terlihat sejak tanggal 22 Juni-2 Juli 2022, puncaknya terjadi pada tanggal 27 Juni 2022.

Lantas, pukul berapa kita bisa melihat hujan Meteor Bootid ini? Fenomena alam ini bisa disaksikan setiap hari, mulai senja hingga sekitar pukul 02.01 WIB.

Hujan Meteor Bootid dapat dilihat dengan kasat mata saat titik pancarannya terbenam di bawah ufuk barat, dan kemungkinan akan menampakkan tampilan terbaiknya pada sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Crazy Rich, Lisa BLACKPINK Beli Pesawat Pribadi, Berapa Harganya?

Saat ini, rotasi Bumi membuat Jakarta menghadap secara optiml ke arah datangnya meteor. Hal itu memaksimalkan jumlah hujan secara vertikal ke bawah, hingga menghasilkan jalur pendek yang dekat dengan titik pancaran.

Diperkirakan, hujan Meteor Bootid ini akan mencapai puncak aktivitasnya pada sekitar pukul 23.00 WIB pada 27 Juni 2022. Jadi, tampilan terbaiknya dapat dilihat sebelum matahari terbenam pada 28 Juni dan senja pada 27 Juni 2022.

Baca Juga: Tutorial Cara Melakukan Factory Reset di HP Android Terbaru 100% Work

Demikian beberapa informasi terkait fenomena hujan Meteor Bootid yang akan terjadi pada tanggal 27 Juni 2022.***(Dinda Indah Puspa Rini/ZONABANTEN.com).

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Zonabanten.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI Bantu Proses Autopsi Brigadir J

Senin, 25 Juli 2022 | 13:58 WIB

Pacar Brigadir J Ungkap Pengakuan Baru

Senin, 25 Juli 2022 | 13:23 WIB

Ini Pesan Jokowi untuk Setiap Anak di Indonesia

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:33 WIB

Dewan Pers Apresiasi Kemenkumham

Minggu, 24 Juli 2022 | 18:54 WIB
X