• Minggu, 29 Januari 2023

Menuju Society 5.0, Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Lulusan Universitas

- Selasa, 1 November 2022 | 15:52 WIB
Dokumentasi : Penyerahan penghargaan oleh Rektor Universitas Pertamina Prof. IGN Wiratmaja Puja kepada Drs. Enggartiasto Lukita selaku motivational speaker di wisuda ke-7 Universitas Pertamina
Dokumentasi : Penyerahan penghargaan oleh Rektor Universitas Pertamina Prof. IGN Wiratmaja Puja kepada Drs. Enggartiasto Lukita selaku motivational speaker di wisuda ke-7 Universitas Pertamina

BAACA.ID,-Melansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan, Indonesia sebagai negara berkembang memiliki tantangan besar dalam mengadopsi society 5.0. Sebagai hasil dari revolusi industri 4.0, saat ini kegiatan industri di Indonesia mulai beralih ke bentuk digital dan memunculkan banyak lapangan pekerjaan jenis baru.

Namun di sisi lain, menurut Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr. Hj. Ida Fauziyah, salah satu tantangan besar yang dialami perusahaan adalah kesulitan mencari tenaga kerja yang memiliki talenta digital. Kemampuan digital para lulusan baru kebanyakan dianggap masih minim dan hanya bersifat teoritis.

Menurut Dr. (H.C.) Ignasius Jonan dalam pidatonya di Wisuda Ke-7 Universitas Pertamina, setiap perusahaan memiliki tujuan yang ditentukan oleh tiga hal. Yakni, apa yang dibutuhkan oleh dunia, keunikan perusahaan, dan bagaimana caranya perusahaan menghasilkan nilai ekonomis. 

Baca Juga: Uji Publik, Sekprov Paparkan Capaian Keterbukaan Informasi Pemprov Dalam Transformasi Digital

“Maka dari itu, para lulusan baru Universitas Pertamina, saat anda mencari pekerjaan anda harus memiliki pemahaman pada kebutuhan industri. Misalnya, pada industri 4.0, anda tidak boleh hanya memiliki pengetahuan terkait jenis pekerjaan yang diinginkan. Tapi juga harus memiliki kemampuan digital, karena itu yang dibutuhkan,” ujar Jonan.

Dokumentasi : Penyerahan penghargaan oleh Rektor Universitas Pertamina Prof. IGN Wiratmaja Puja kepada Dr. (H.C) Ignasius Jonan, Drs., AK., MA., CPA., CC

Remote, perusahaan SDM digital, mensurvey lebih dari 500 perusahaan dan pekerja di industri digital. Mereka mengungkap lima skill digital yang paling dicari: social media skill, digital marketing, pengembangan peranti lunak, pemrograman website dan aplikasi, serta rekayasa perangkat lunak.

Dr. (H.C.) Enggartiasto Lukita yang juga memberikan orasi di acara yang sama, menyampaikan kompetensi yang harus dimiliki para lulusan baru. “Pengetahuan yang saudara miliki selama belajar di bangku kuliah tidak akan cukup untuk memasuki dunia kerja. Anda harus tetap memperkaya pengetahuan digital. Selain itu, penting juga bagi anda memiliki kemampuan critical thinking, berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas,” ungkapnya.

Baca Juga: Nonton Streaming Ikatan Cinta di RCTI+

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Jurus Mahasiswi Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah

Sabtu, 26 November 2022 | 10:53 WIB

Jadi Maba Bikin Gegar Budaya? Ini Solusinya

Senin, 26 September 2022 | 10:28 WIB
X