• Minggu, 3 Juli 2022

Partai yang Usung Anies Capres Disebut Akan Alami Lonjakan Elektabilitas

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Gatra)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Gatra)

BAACA.ID - Survei terbaru Indo Riset menyebut akan ada kenaikan elektabilitas parpol jika mendukung Gubernur Anies Baswedan sebagai capres. Ini disampaikan lewat survei bertajuk 'Pemilu 2024: Potensi Pilpres 2 Putaran.' Peneliti Indo Riset Roki Arbi mengatakan elektabilitas NasDem, Partai Demokrat, PPP dan PKS berpeluang naik di Pemilu 2024 jika mengusung Anies sebagai capres. Ia menjelaskan dalam simulasi tertutup, elektabilitas NasDem hanya sebesar 4,3 persen. Tetapi jika mendukung Anies, elektabilitas naik secara signifikan hingga 12 persen.

"Ada potensi kenaikan suara NasDem, PKS, PPP dan Demokrat bila mencalonkan Anies," kata Roki dalam paparan survei secara virtual, Kamis (19/5).

Begitupun juga terjadi pada PKS, simulasi tertutup elektabilitas PKS sebesar 7,5 persen jika mendukung Anies, elektabilitas PKS naik menjadi 14,9 persen. Sementara itu, elektabilitas PPP juga naik signifikan menjadi 11,5 persen jika mendukung Anies di pilpres 2024 dibanding dalam simulasi tertutup, elektabilitas PPP hanya 3,7 persen.

Lebih lanjut Roki menuturkan untuk elektabilitas Partai Demokrat juga naik signifikan menjadi 17,2 persen jika mengusung Anies sebagai capres. Dalam simulasi tertutup, elektabilitas Demokrat sebesar 10,9 persen. Survei ini dilakukan pada 11-17 April 2022 dengan jumlah responden 1.100 sampel. Dalam proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.096. Margin of eror hasil survei kurang lebih 2,96 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:

Sedangkan menurut Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKopi Kunto Wibowo, sejumlah partai yang mengusung Anies Baswedan untuk pilpres 2024 akan mendapat coattail effect jika mengusung Anies. Menurutnya yang bakalan mendapat coattail effect jika mengusung Anies sebagai capres dalam pilpres hanyalah PKS, PPP, dan NasDem.

Menurut Kunto, Anies adalah sosok yang agamis dan nasionalis. Maka, partai yang bakal mendapat dampak elektoral adalah partainya yang memiliki citra yang mirip dengan Anies yaitu agamis dan nasionalis.

“Asumsi bahwa Anies akan mengerek beberapa partai, kalau menurut saya ya asumsi itu berdasarkan pada kedekatan citra atau kedekatan persepsi publik antara citra partai dan citra si capres,” katanya, Jumat (20/5).

“Kalau citranya tidak koheren, akan susah saling mengerek atau saling menaikkan elektabilitas. Dan kalau dilihat sih partai seperti Nasdem, kemudian PPP, kan lebih di tengah walaupun PPP lebih ke Islam, PKS juga Islam gitu,” lanjut Kunto.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X