• Kamis, 8 Desember 2022

Mengenal Lebih Dekat dengan Pulau Barrang Lompo Makassar

- Jumat, 30 September 2022 | 00:56 WIB
pulau barrang lompo
pulau barrang lompo

BAACA.ID — Ketika mengunjungi kota Makassar, di barat laut akan menemukan sebuah pulau yang eksotis bernama Pulau Barrang Lompo.

Pulau yang terletak di utara pulau Barrang Caddi, termasuk wilayah Kelurahan Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarang.

Berjarak 9 mil dari kota Makassar, merupakan gugusan kepulauan yang indah. Pulau seluas 20,3 hektar ini dihuni oleh kurang lebih 3000 jiwa yang sebagian bekerja sebagai nelayan.

Selain mata pencaharian sebagai nelayan, penduduk di Pulau Barrang Lompo mayoritas beragama Islam tersebut bekerja sebagai pedagang, sampai dengan pegawai negeri.

Ada banyak suku yang menghuni pulau ini, dari suku Bugis sampai Tionghoa. Hal menarik dari keberadaan etnis-etnis tersebut, yakni kampung tempat tinggal yang diberi nama sesuai dengan latar belakang mereka berasal, seperti kampung Melayu sampai kampung Arab.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung CC Motor Paling Pas

Terumbu Karang Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo merupakan bagian dari kepulauan Spermonde dengan ciri khas hamparan terumbu karang yang seluas 71,75 hektar.

Hamparan terumbu karang begitu eksotis menyebar ke berbagai wilayah mulai dari utara hingga barat yang masing-masing luasnya sekitar 200 meter.

Tidak hanya menyajikan puluhan hektar terumbu karang, Anda bisa menikmati suguhan aneka warna-warni jenis ikan di sekitar kedalaman 3-6 meter dari permukaan laut.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X