• Kamis, 8 Desember 2022

Pulau Lanjukang, Pulau Tersembunyi di Sulawesi Selatan yang Cantik dan Menawan

- Kamis, 29 September 2022 | 07:07 WIB
pulau lanjukang
pulau lanjukang

BAACA.ID - Kawasan Indonesia Timur sangat terkenal akan keindahan pantainya, tidak terkecuali dengan Kota Makassar. Kota yang memiliki julukan Kota Anging Mamiri ini memiliki banyak potensi wisata bahari yang sangat indah, salah satunya Pulau Lanjukang.

Pulau ini memiliki luas area sekitar 6 hektar saja, termasuk pulau yang kecil. Pulau Lanjukang juga masih termasuk bagian dari gugusan Pulau Spermonde. Letak pulau ini juga berada di lokasi terpencil yang tidak banyak dijamah oleh manusia. Meskipun begitu, pesona keindahan yang sangat menggoda tak boleh dipandang sebelah mata.

Baca Juga: Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan yang Baik dan Benar

Para pecinta wisata bahari pastinya akan merasakan puas, bahkan sejak melihat Pulau Lanjukang tersebut dari kejauhan. Karena letaknya berada paling luar kepulauan sehingga membuat Pulau Lanjukang menjadi tempat peristirahatan sementara bagi para nelayan dari Makassar sebelum meneruskan perjalanan mencari ikan.

Pulau Lanjukang berjarak kurang lebih 40 km dari kota Makassar, perjalanan menuju pulau memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan kapal kayu yang biasa ditemui di Pelabuhan Paotere. Jumlah penduduk yang berada di Pulau Lanjukang sekitar 15 kepala keluarga dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Hasil dari tangkapan ikan sangat jarang dijual di Makassar, mengingat biaya angkut cukup besar. Namun fasilitas yang tersedia masih kurang memadai terutama pada listrik dan air yang masih terbatas. Disini juga ada sebuah musala kecil yang sering digunakan untuk ibadah masyarakat sekitar.

Baca Juga: Bingung Buat Simpan Foto dari Snapchat ke Galeri? Berikut Caranya

Sepanjang mata memandang, Pulau ini menawarkan keindahan berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru toska.Pohon kelapa yang berada di pinggir pantai membuat keindahan pantai semakin mempesona.

Mengenal Pulau Cantik Nan Menawan

Keindahan alamnya masih terjaga, menjadikan Pulau Lanjukang sebagai objek wisata yang tak boleh ketinggalan untuk dijelajahi. Untuk para pecinta alam, sepertinya akan sangat puas jika bisa menikmati pesona yang begitu memukau ini.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X