• Kamis, 8 Desember 2022

Persiapan Jelang Ramadhan, Berikut Ini Tatacara Salat Sunnah Tarawih 4 Rakaat

- Rabu, 28 September 2022 | 19:24 WIB
tata cara shalat tarawih 4 rakaat
tata cara shalat tarawih 4 rakaat

BAACA.ID - Salat tarawih adalah salat sunah yang dikerjakan pada bulan Ramadan. Lebih disukai untuk salat tarawih dalam set dua rakaat dengan total sepuluh salam.Namun, salat tarawih dalam kelompok empat juga diperbolehkan dengan syarat bahwa setelah setiap dua rakaat.

Ada Perbedaan Tata cara salat tarawih 4 rakaat dengan 2 Rakaat. Tata cara salat tarawih 4 rakaat yakni seseorang harus duduk dalam posisi qada, seperti yang disebutkan dalam HR. Bukhari dan Muslim:

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata yang Wajib Anda Kunjungi Jika ke Bone

يُصَلِّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan salat 4 raka’at, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya. Kemudian beliau melaksanakan salat 4 raka’at lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya.” HR. Bukhari no. 3569 dan Muslim no. 738. Namun, Kamu dapat memilih untuk sholat 8 rakaat, karena Rasulullah salat tarawih 8 rakaat di rumah, dilanjutkan dengan 3 rakaat witir: Abu Salama bin Abdur Rahman r.a bertanya kepada Aishah r.a, 'Bagaimana doa Rasulullah SAW di bulan Ramadhan?' Dia menjawab, "Dia tidak sholat lebih dari 11 raka'at di bulan Ramadhan atau di bulan lainnya. Dia biasa salat 4 rakaat - apalagi keindahan dan lamanya - dan kemudian dia akan salat 4 (rakaat) - apalagi kecantikan dan lamanya - dan kemudian dia akan salat 3 raka'at (witir). (Bukhari) Perlu disebutkan bahwa kata 'Tarawih' terhubung dengan kata Arab untuk kata istirahat. Ini karena Kamu dapat beristirahat selama tarawih setelah setiap empat rakaat. Jadi, Kamu tidak perlu berdiri tanpa henti selama 20 rakaat.

1. Kapan Saya Perlu Salat Tarawih?

Salat Tarawih dilakukan malam hari kapan saja setelah salat Isya. Namun Perlu diingat Tata cara salat tarawih 4 rakaat yakni kamu tidak boleh salat tarawih setelah salat witir, karena sholat witir adalah sholat terakhir di malam hari. Karena tarawih adalah sholat malam, Kamu harus melakukannya sebelum terbit Fajar.

Baca Juga: Tepat Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berwisata di Bulukumba

Tidak apa-apa untuk tidur setelah Isya dan kemudian bangun di malam hari untuk sholat Tarawih. Tahukah kamu bahwa Waktu Malam Hari tepatnya sepertiga malam adalah waktu paling bik untuk berdoa dan menyembah Alloh, sebagaimana hadis berikut:

Rasulullah (saw) berkata, 'Tuhan kita Yang Maha Kuasa turun ke surga terendah di sepertiga terakhir setiap malam, berkata, "Siapa yang memanggil-Ku sehingga aku dapat menjawabnya? Siapakah yang meminta dari-Ku agar Aku memberikannya? Siapakah yang mencari pengampunan-Ku sehingga Aku dapat memaafkannya?" (Bukhari)

2. Bisakah Saya Salat Tarawih di Rumah?

Baca Juga: Daftar Gedung Pernikahan di Makassar Terbaik dan Ternyaman

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X