• Kamis, 8 Desember 2022

Cara Mengetahui Janin Sehat Tanpa USG

- Kamis, 29 September 2022 | 12:42 WIB
Cara Mengetahui Janin Sehat Tanpa USG
Cara Mengetahui Janin Sehat Tanpa USG

BAACA.ID — Momen hamil menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi para ibu. Apalagi bagi para ibu yang sedang mengalami kehamilan saat pandemi virus corona (Covid-19).

Hamil pada saat pandemi Covid-19 membuat para ibu tak bebas untuk mengunjungi dokter maupun rumah sakit secara rutin.

Padahal pada masa normal, para ibu hamil dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter secara berkala untuk mengecek kondisi janin dan kehamilannya.

Banyak negara yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Masyarakat disarankan untuk membatasi kunjungan ke dokter maupun rumah sakit, apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Baca Juga: Cara Top Up KUR BRI Tanpa Agunan Agar Disetujui

Semua ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. Imbauan ini juga berlaku bagi para ibu hamil.

Jika tak ada kondisi mendesak, konsultasi dengan dokter dianjurkan secara langsung lewat sarana telekomunikasi jarak jauh. Sebagian ibu hamil mungkin akan mencemaskan kondisi janinnya karena tak dapat rutin bertemu secara langsung dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan USG (Ultrasonography) maupun sejenisnya.

Pada umumnya janin akan mengalami pertumbuhan yang cepat usai masa 10 minggu kehamilan atau setelah fase embrionik. Akan tetapi pada usia tersebut, janin akan menghadapi risiki tertingi mengalami gangguan.

Ibu hamil akan mengalami masalah yang dapat muncul dari faktor eksternal, maupun dampak dari kondisi kesehatan sang ibu. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya lebih memperhatikan kondisi dari janinnya setelah usia 10 pekan kehamilan.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X