• Kamis, 8 Desember 2022

Cara Membuat Kartu Kuning AK1 untuk Pencari Kerja

- Kamis, 29 September 2022 | 19:27 WIB
cara membuat kartu kuning
cara membuat kartu kuning

BAACA.ID — Bagi kalian yang pernah dan akan melamar pekerjaan, khususnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS), pegawai di instansi pemerintahan, maupun di perusahaan-perusahaan besar, pasti pernah membuat kartu kuning, sebagai bagian dari salah satu syarat untuk melamar pekerjaan.

Tidak hanya untuk keperluan melamar kerja ke instansi pemerintahan saja, tetapi kartu kuning pun diperlukan sebagai syarat untuk mengajukan lamaran ke perusahaan swasta.

Kartu kuning yaitu sebagai kartu tanda para pencari kerja yang biasa disebut dengan kartu AK1.

Kartu AK1 ini dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan yaitu oleh Dinas Ketenagakerjaan  atau bisa disingkat dengan Disnaker.

Baca Juga: Mengenal Peninggalan Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan

Fisik dari kartu AK1 ini meskipun bernama kartu kuning, akan tetapi kartu ini justru tidak berwarna kuning melainkanberwarna putih.

Di dalam kartu tersebut mencantumkan beberapa informasi tentang pemiliknya, yaitu berisi nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, data kelulusan, hingga pendidikan terakhir sekolah dan universitas tempat pencari kerja memperoleh gelar.

Kartu kuning ini dibuat di daerah masing-masing kabupaten/kota psra pencari kerja. Kartu kuning ini hanya bisa dibuat di daerah aslinya atau sesuai domisili para pencari kerja, atau sesuai yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) merupaka satu-satunya lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang penyedia tenaga kerja yang sudah resmi bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X