• Minggu, 3 Juli 2022

Tak Pakai Pesawat Kepresidenan, Jokowi Carter Garuda untuk Kunjungan ke AS

- Rabu, 11 Mei 2022 | 13:40 WIB
Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat turun dari pesawat Garuda Indonesia ketika kunjungan tiga negara. (Foto: Int)
Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat turun dari pesawat Garuda Indonesia ketika kunjungan tiga negara. (Foto: Int)

BAACA.ID - Presiden Joko Widodo tidak menggunakan pesawat kepresidenan daat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS. Jokowi dan romobongan menggunakan pesawat carter Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300ER. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan tidak digunakannya pesawat presiden karena melakukan perjalanan jauh. Bila menggunakan pesawat yang dicarter maka bisa lebih cepat melakukan perjalanan, kalau pakai pesawat kepresidenan bisa dua kali transit. "Kalau transit dua kali berarti di setiap titik harus ada tim advance dulu. Nah ini (dengan pesawat Garuda) hanya satu kali," katanya. Selain itu pesawat kepresidenan hanya mampu muat 48 orang, sementara, rombongan presiden total berjumlah 62 orang. Sehingga penggunaan pesawat carter yang berkapasitas besar lebih dinilai efisien. "Sehingga semua menteri yang ikut bisa satu pesawat secara pulang pergi dan tim advance akan ikut kembali bersama pesawat itu sehingga lebih efisien," ujarnya. Penggunaan pesawat ini bukan pertama kalinya, sebelumnya pesawat ini dipakai saat menuju ke Roma, Italia, dalam rangka menghadiri KTT G20 pada Oktober 2021 lalu. Serta saat Jokowi melanjutkan perjalanan ke Skotlandia dan Uni Emirat Arab selepas menghadiri KTT G20. "Ya benar (memakai pesawat yang sama)," katanya. Baca Juga: Adapun dalam kunjungan kerjanya kali ini Jokowi didampingi sejumlah menteri antara lain Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Kunjungan Jokowi ke AS adalah dalam rangka menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit di Washington DC pada 12-13 Mei 2022. Presiden dijadwalkan kembali ke Indonesia pada Minggu (15/5/2022). Pertemuan tersebut bakal membahas penganganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi, hingga berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global. KTT Khusus ASEAN dan AS ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak tahun 2017. Sebelumnya, Presiden Joe Biden hadir pada KTT ASEAN dengan AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual.

Editor: Fikri Rahmat

Terkini

5 Makanan Tinggi Antioksidan Pencegah Kanker

Kamis, 30 Juni 2022 | 05:00 WIB

Seputar Teknologi: Spesifikasi Vivo Y91 Lengkap!

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:49 WIB

Antidepresan: Kegunaan, Jenis, Efek Samping, dll

Selasa, 28 Juni 2022 | 17:40 WIB

3 Cara Mengetahui Handphone Disadap Lengkap

Selasa, 28 Juni 2022 | 01:25 WIB
X