• Minggu, 3 Juli 2022

Profil Lengkap Buya Syafii Maarif, Tokoh Bangsa dan Ulama Indonesia yang Meninggal di Usia 86 Tahun

- Jumat, 27 Mei 2022 | 12:31 WIB
Buya Syafii Maarif (Facebook Buya Syafii)
Buya Syafii Maarif (Facebook Buya Syafii)

BAACA.ID - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, pukul 10.15 WIB, Jumat 27 Mei 2022. Hal ini awalnya dikabarkan lewat pesan di grup-grup WhatsApp dan kemudian dikonfirmasi oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," katanya dalam keterangan resminya, Jumat 27 Mei 2022.

Sejumlah tokoh pun ramai menyampaikan belasungkawa atas kepergian salah satu tokoh bangsa ini. Prof. Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii ini dikenal sebagai seorang ulama dan cendekiawan Indonesia.

Baca Juga: Anak Ridwan Kamil Eril Datang Ke Swiss Dalam Rangka Lanjut Sekolah S2

Sebelumnya diketahui Ia sudah dirawat RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Sabtu 14 Mei lalu karena mengeluh sesak nafas. Kemudian pihak rumah sakit menyebut kondisi Buya sudah stabil dengan diharuskan banyak istirahat namun takdir berkata lain.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD lewat akun Twitternya menyampaikan duka cita mendalam. Ia mengatakan kepergian Buya Syafii membuat umat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya.

"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Tlh wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pd hr ini jam 10.15 di Yogyakarta. Ummat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lg salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya." tulis Mahfud.

Baca Juga: Penyebab Lee Eol Aktor Pemeran It's Okay to No be Okay Meninggal Dunia

Adapun profilnya, Buya Ahmad Syafii Maarif adalah pria kelahiran Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau pada 31 Mei 1935 dari pasangan Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah. Ia anak bungsu dari 4 bersaudara seibu seayah, dan seluruhnya 15 orang bersaudara seayah berlainan ibu.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Makanan Tinggi Antioksidan Pencegah Kanker

Kamis, 30 Juni 2022 | 05:00 WIB

Seputar Teknologi: Spesifikasi Vivo Y91 Lengkap!

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:49 WIB

Antidepresan: Kegunaan, Jenis, Efek Samping, dll

Selasa, 28 Juni 2022 | 17:40 WIB

3 Cara Mengetahui Handphone Disadap Lengkap

Selasa, 28 Juni 2022 | 01:25 WIB
X