• Minggu, 3 Juli 2022

Jokowi Sampaikan Belasungkawa Meninggalnya Buya Syafii: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa

- Jumat, 27 Mei 2022 | 13:06 WIB
Presiden Jokowi bersama Buya Syafii (Instagram Presiden Joko widodo)
Presiden Jokowi bersama Buya Syafii (Instagram Presiden Joko widodo)

BAACA.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Buya Ahmad Syafii Maarif di RS PKU Muhammadiyah Gamping, pukul 10.15 WIB, Jumat 27 Mei 2022.

"Hari ini, pukul 10.15 WIB, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, tokoh bangsa yang kita cintai, wafat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.," tulis Jokowi dalam unggahan resmi di akun pribadinya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Buya Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman Yogyakarta. Hal ini awalnya dikabarkan lewat pesan di grup-grup WhatsApp dan kemudian dikonfirmasi oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Baca Juga: Anak Ridwan Kamil Eril Datang Ke Swiss Dalam Rangka Lanjut Sekolah S2

Selain itu Jokowi mengatakan sebelumnya pada dua bulan lalu, Ia sempat datang menjenguk Buya di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Jokowi melihat Buya dalam kondisi sudah sehat dan bugar, namun ternyata itu merupakan pertemuan terakhir dirinya dengan Buya Syafii.

"Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah," jelas Jokowi.

Sebelumnya sejumlah tokoh lain juga ramai menyampaikan belasungkawa atas kepergian salah satu tokoh bangsa ini. Prof. Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii ini dikenal sebagai seorang ulama dan cendekiawan Indonesia.

Baca Juga: Penyebab Lee Eol Aktor Pemeran It's Okay to No be Okay Meninggal Dunia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD lewat akun Twitternya menyampaikan duka cita mendalam. Ia mengatakan kepergian Buya Syafii membuat umat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Instagram @jokowi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Makanan Tinggi Antioksidan Pencegah Kanker

Kamis, 30 Juni 2022 | 05:00 WIB

Seputar Teknologi: Spesifikasi Vivo Y91 Lengkap!

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:49 WIB

Antidepresan: Kegunaan, Jenis, Efek Samping, dll

Selasa, 28 Juni 2022 | 17:40 WIB

3 Cara Mengetahui Handphone Disadap Lengkap

Selasa, 28 Juni 2022 | 01:25 WIB
X