• Senin, 27 Juni 2022

AWASSS! Berikut 11 Bahaya Gadget bagi Anak, Muncul Masalah Fisik hingga Mental

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:00 WIB
Bahaya gadjed (pixabay.com/Victoria_Art)
Bahaya gadjed (pixabay.com/Victoria_Art)

BAACA.ID - Meski gadget adalah sebuah teknologi yang membawa kemudahan bagi kehidupan manusia, faktanya gadget juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, khususnya pada anak-anak. Lantas, apa bahaya gadget yang bisa terjadi pada anak?
Bahaya Gadget bagi Anak

Sebelum membahas bahaya gadget pada anak, perlu Anda ketahui bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental. Hal disebabkan karena seorang anak yang larut dalam permainan game biasanya akan lupa waktu. Selain itu, anak tidak bisa lagi mengendalikan diri karena terus adiktif untuk bermain game.

Seorang anak juga cenderung tidak ingin diganggu dengan aktivitas lain dan melupakan tugas-tugas mereka untuk belajar atau bersosialisasi dengan lingkungan sosialnya.

Berikut ini adalah beberapa bahaya gadget pada anak yang harus diketahui oleh setiap orang tua, di antaranya:

Baca Juga: Kualitas Udara DKI Jakarta Semakin Memburuk, Tempati Peringkat Pertama dari 94 Negara

1. Membuat anak mudah lupa

Bahaya gadget bagi anak yang pertama adalah membuat anak menjadi pelupa. Meski gadget bisa membuat anak lebih tenang, namun apabila penggunaannya berlebihan hal itu bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, khususnya bagian otak karena bisa mengganggu daya memori anak.

2. Memengaruhi kesehatan mata

Bahaya gadget bagi kesehatan berikutnya adalah memengaruhi kesehatan mata. Penggunaan gadget setiap hari bisa menyebabkan kontraksi otot cilliaris di dalam bola mata, atau yang dikenal dengan istilah akomodasi.

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Tags

Terkini

Cara Daftar Ulang Kartu Semua Operator 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:45 WIB

Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengembalikannya!

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:30 WIB
X