• Minggu, 3 Juli 2022

7 Penyebab Perdarahan yang Terjadi di Puting Payudara

- Rabu, 22 Juni 2022 | 02:00 WIB
Ilustrasi  payudara  (Foto: pexels.com)
Ilustrasi payudara (Foto: pexels.com)

BAACA.ID - Perdarahan pada tubuh bisa terjadi di mana saja. Tidak hanya di kaki atau tangan yang terluka. Di bagian yang privat sekalipun perdarahan juga bisa terjadi. Salah satu perdarahan yang bisa terjadi adalah perdarahan di puting payudara. Kalau Anda mendadak mengalami perdarahan baik itu ringan atau sudah parah di area itu, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab perdarahan di puting payudara

Puting payudara bisa mengalami gangguan seperti mengeluarkan darah karena ada masalah yang cukup serius. Meski tidak semua masalah memicu gangguan signifikan, kondisi ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. berikut beberapa penyebab perdarahan puting payudara pada wanita.

Baca Juga: FAKTA-FAKTA Terbaru Pesta Viral Bertema Bungkus Night di Jaksel
    
1. Penyakit Paget

Penyakit Paget bisa terjadi pada wanita khususnya mereka yang memiliki kanker payudara. Seseorang dengan kondisi kanker payudara berpeluang 1-4% juga mendapatkan penyakit ini. Itulah kenapa kalau dokter mendapati wanita memiliki Paget mereka disarankan melakukan biopsi.

Penyakit Paget ini mirip sekali dengan eksim dan psoriasis. Pada bagian puting payudara akan mengalami pembengkakan, inflamasi, dan memerah. Kalau disentuh akan terasa tidak nyaman. Pada kondisi tertentu, perdarahan bisa saja terjadi.

Baca Juga: Ini Penjelasan Menaker Ida Fauziah Saat Ditanya BSU Ketenagakerjaan 2022
    
2. Infeksi candida

Wanita yang sedang menyusui rentan sekali mengalami masalah pada puting payudaranya. Karena terus mengeluarkan susu dan kadang digigit oleh bayi, puting bisa saja mengalami infeksi bakteri. Nah, salah satu bakteri yang menyebabkan infeksi itu adalah candida.

Seseorang mengalami infeksi candida biasanya akan mengalami nyeri di puting payudara dan ada sensasi panas. Area areola juga mengalami perubahan seperti mudah mengelupas. Kalau sudah parah infeksi ini kan menyebabkan pembengkakan pada payudara dan ada cairan darah yang keluar.

Baca Juga: Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi? Berikut Penjelasannya
    
3. Mastitis

Mastitis juga merupakan infeksi yang terjadi di puting payudara khususnya pada wanita yang menyusui. Penyebab lain dari infeksi yang juga bisa terjadi pada pria ini terdiri dari obesitas, mengalami diabetes, aktif merokok, dan pernah melahirkan sebelumnya.

Rasa nyeri biasanya muncul kalau kondisi mastitis sudah cukup parah. Seseorang akan mengalami perdarahan sehingga butuh perawatan seperti penggunaan antibiotik hingga menggunakan pereda nyeri.

Baca Juga: Alkohol Bisa Cegah Impoten? Berikut 10 Manfaat Minum Alkohol bagi Kesehatan!
    
4. Duct ectasia

Ada kalanya ASI menyebabkan penyumbatan pada saluran. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan mengeluarkan cairan tertentu dan juga darah. Meski tidak memiliki sifat kanker, wanita akan cukup terganggu. Apalagi payudara jadi sering nyeri saat tergesek dengan pakaian atau saat sedang berjalan dan olahraga.
    
5. Dermatitis

Dermatitis adalah gangguan pada kulit yang bisa terjadi di mana saja termasuk di puting payudara. Biasanya kondisi ini muncul kalau kulit tidak tahan atau alergi dengan bahan tertentu. Misal sabun, parfum, atau produk lainnya. Kulit akan mengalami inflamasi hingga infeksi kalau tidak segera ditangani. Perdarahan juga bisa terjadi kalau bagian kulit terus tergesek pakaian dan luka semakin parah.

Baca Juga: 19 OPD Telah Cair, BKD Sulsel: Keterlambatan TPP Karena Penyesuaian Sistem Baru
    
6. Intraductal papilloma

Intraductal papilloma merupakan salah satu tumor yang bisa memicu masalah pada puting payudara karena menyebar di kelenjar susu. Meski bisa memicu perdarahan, tumor ini tidak ganas dan tidak memiliki unsur kanker. Hanya saja, kalau tumbuh besar tetap menyakitkan.

Tumor ini umumnya terjadi pada wanita dengan usia 35-55 tahun. Kondisi ini juga bisa terjadi pada pria meski kemungkinannya rendah. Seseorang rentan terkena tumor ini kalau menggunakan alat kontrasepsi, ada terapi hormon, dan riwayat keluarga.

Baca Juga: Jangan Sembarang Ngecas, Ini 5 Cara Mengisi Daya HP yang Benar dan Efektif

7. Kanker

Perdarahan di puting payudara adalah salah satu tanda dari kanker payudara. Perdarahan ini merupakan tanda kalau kondisi kanker sudah mulai parah.***

Editor: Zairini Fajrin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Makanan Tinggi Antioksidan Pencegah Kanker

Kamis, 30 Juni 2022 | 05:00 WIB

Seputar Teknologi: Spesifikasi Vivo Y91 Lengkap!

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:49 WIB

Antidepresan: Kegunaan, Jenis, Efek Samping, dll

Selasa, 28 Juni 2022 | 17:40 WIB

3 Cara Mengetahui Handphone Disadap Lengkap

Selasa, 28 Juni 2022 | 01:25 WIB
X