• Senin, 27 Juni 2022

Mau Berat Badan Naik? Berhenti Merokok!

- Rabu, 22 Juni 2022 | 04:00 WIB
Potret Ariel Tatum tengah merokok yang diabadikan di akun Insagram pribadinya.
Potret Ariel Tatum tengah merokok yang diabadikan di akun Insagram pribadinya.

BAACA.ID - Ada anggapan yang dipercaya oleh banyak orang, yakni jika kita merokok">berhenti merokok, maka berat badan akan naik. Sebenarnya, apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis? Berikut adalah penjelasan dari pakar kesehatan terkait hal ini.

Dampak merokok">berhenti merokok bagi berat badan

Banyak orang yang menyebut merokok">berhenti merokok akan membuat kita seperti mencari hal yang bisa mengalihkannya. Hal ini sayangnya akan membuat kita menjadi lebih tertarik untuk ngemil dan akhirnya menyebabkan berat badan naik.

Penelitian pun dilakukan oleh para ahli dari Kyoto Medical Center untuk membuktikan apakah merokok">berhenti merokok bisa menyebabkan berat badan naik atau tidak. Hasilnya adalah, anggapan ini memang benar. Mereka yang merokok">berhenti merokok memang cenderung mengalami peningkatan berat badan. Semakin tinggi tingkat kecanduan nikotin sebelumnya, semakin besar pula kemungkinan berat badan naik setelah merokok">berhenti merokok.

Baca Juga: Koalisi Gerindra dan PKB Disebut Demi Kejar Presidential Threshold 20 persen

Dalam penelitian yang melibatkan 186 relawan yang memiliki usia rata-rata 60 tahun ini, sebelumnya para relawan diketahui merokok hingga satu bungkus setiap hari. Tiga bulan setelah penelitian, mereka merokok">berhenti merokok dan akhirnya mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,1 kilogram.

Mengapa setelah merokok">berhenti merokok berat badan bisa naik?

Para peneliti menyebut dampak dari kenaikan berat badan ini hanya akan berlangsung sekitar tiga tahun setelah merokok. Setelahnya, berat badan mereka tidak akan lagi bertambah dan mereka justru akan semakin mendapatkan manfaat kesehatan dari keputusan untuk merokok">berhenti merokok.

Penyebab dari naiknya berat badan para mantan perokok ini disebabkan oleh peningkatan nafsu makan, penurunan sistem metabolisme dengan signifikan, kecenderungan untuk lebih jarang melakukan aktivitas fisik, serta peningkatan aktivitas lipoprotein lipase, sejenis hormon yang berperan besar dalam distribusi lemak di dalam tubuh.

Baca Juga: FAKTA-FAKTA Terbaru Pesta Viral Bertema Bungkus Night di Jaksel

Melihat fakta ini, mereka yang merokok">berhenti merokok sangatlah disarankan untuk lebih rajin berolahraga dan mengatur pola makan menjadi lebih sehat demi mencegah dampak kenaikan berat badan ini.
Berbagai manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan dari merokok">berhenti merokok

Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita mau merokok">berhenti merokok.

Berikut adalah berbagai manfaat-manfaat tersebut.

Baca Juga: Ini Penjelasan Menaker Ida Fauziah Saat Ditanya BSU Ketenagakerjaan 2022
    
1. Pernapasan akan terasa lebih lega

Organ tubuh yang langsung mendapatkan dampak positif dari merokok">berhenti merokok adalah saluran pernapasan. Banyak mantan perokok yang langsung merasa pernapasan terasa lebih lega dan nyaman. Bahkan, setelah sembilan bulan merokok">berhenti merokok, kapasitas paru-paru akan meningkat hingga 10 persen!

Jika mantan perokok juga mengimbangi hal ini dengan lebih rajin berolahraga, maka saluran pernapasan akan menjadi lebih sehat.
    
2. Memiliki energi yang lebih banyak

Dalam jangka waktu 2 hingga 12 minggu setelah merokok">berhenti merokok, sirkulasi darah akan semakin membaik. Hal ini akan membuat distribusi oksigen dan nutrisi makanan ke organ-organ, jaringan, dan bagian tubuh akan semakin meningkat. Kita pun akan merasa jauh lebih bertenaga dan bersemangat untuk melakukan berbagai macam aktivitas.   

Baca Juga: Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi? Berikut Penjelasannya

3. Menurunkan stres

Kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan stres, baik itu stres psikis maupun stres fisik. Dengan merokok">berhenti merokok, maka stres akan menurun dan kesehatan mental akan menjadi lebih baik.
    
4. Kulit terlihat lebih sehat

Berhenti merokok akan membuat kita menghentikan masalah penuaan dini seperti munculnya keriput atau masalah kulit kusam. Kulit pun akan terlihat jauh lebih sehat dan segar sehingga bisa membuat rasa percaya diri semakin meningkat.

Baca Juga: Alkohol Bisa Cegah Impoten? Berikut 10 Manfaat Minum Alkohol bagi Kesehatan!
    
5. Membuat panjang umur

Pakar kesehatan menyebut merokok">berhenti merokok di usia 30 tahunan bisa membuat harapan hidup meningkat selama 10 tahun. Berhenti merokok di usia 60-an bisa membuat harapan hidup meningkat hingga 3 tahun. Hal ini disebabkan oleh menurunnya risiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau kanker.***

Editor: Zairini Fajrin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Daftar Ulang Kartu Semua Operator 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:45 WIB

Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengembalikannya!

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:30 WIB
X