• Senin, 27 Juni 2022

Informasi Kesehatan : 7 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman Digunakan

- Rabu, 22 Juni 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi Hasil Studi: Obat Penurun Kolestrol Perlambat Kanker (Pixabay)
Ilustrasi Hasil Studi: Obat Penurun Kolestrol Perlambat Kanker (Pixabay)

BAACA.ID - Penyakit flu bisa menimpa siapa pun termasuk ibu menyusui. Terkadang flu bisa diatasi tanpa menggunakan obat-obatan medis, tetapi penggunaan obat flu untuk ibu menyusui tidak bisa digunakan sembarangan. Ketahui apa saja obat flu yang aman untuk ibu menyusui dan bayi!
Apakah Ibu Menyusui Boleh Menggunakan Obat Flu?

Mengonsumsi obat saat sedang menyusui sering kali menjadi hal yang diragukan oleh para ibu. Anda tidak berlebihan, malah ini adalah pertanda bahwa Anda adalah seorang ibu yang baik karena berupaya memproteksi peluang bahaya yang mungkin menimpa si buah hati.

Anda juga perlu memerhatikan penularan virus flu pada bayi. Semakin lama flu diatasi, maka semakin besar pula kemungkinan si kecil tertular virus flu tersebut. Alih-alih tidak ingin menggunakan obat, malah akan membuat si kecil juga ikut terkena flu.

Baca Juga: Seorang Ibu Melahirkan di Atas Laut Usai Kapal yang Ditumpangi Alami Mati Mesin

Hal tersebut juga tidak baik bukan bagi bayi Anda? Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi flu dengan menggunakan obat. Perlu diketahui bahwa tidak semua obat flu memengaruhi laktasi secara signifikan.

Kriteria obat flu tersebut cukup aman digunakan oleh para ibu menyusui karena tidak menimbulkan risiko atau bahaya bagi bayi Anda. Ketahuilah obat flu ibu menyusui agar Anda bisa mengobati flu tanpa disertai rasa cemas dan takut akan efek sampingnya.
Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman bagi Bayi

Suatu hal yang wajar jika ibu menyusui merasa khawatir dan ragu terhadap obat flu yang hendak digunakan. Pasalnya, tidak semua obat flu aman digunakan untuk ibu menyusui karena ada kandungan obat tertentu yang terkonsentrasi di ASI dan membahayakan bayi.

Baca Juga: Mau Bokong Ideal? Berikut 10 Cara Membesarkan Bokong secara Alami (Olahraga dan Makanan)

Tidak ingin kondisi buruk menimpa bayi Anda? Gunakanlah obat flu ibu menyusui yang aman, seperti di bawah ini!

1. Paracetamol

Salah satu gejala flu yang cukup menyiksa adalah rasa nyeri (sakit kepala). Tentu saja, gejala tersebut semakin memperburuk hari-hari menyusui Anda, terlebih jika Anda masih harus terjaga di malam hari.

Sakit kepala karena kurang tidur menjadi double karena ditambah dengan sakit kepala akibat flu. Pastinya, ini membuat kepala Anda seolah terasa ingin pecah. Tenang, hal tersebut bisa diredakan dengan menggunakan obat flu yang mengandung paracetamol.

Baca Juga: 7 Makanan Enak Bisa Picu Gangguan Pencernaan, Salah Satunya Gorengan!

Paracetamol atau asetaminofen adalah kandungan obat flu yang aman digunakan ibu menyusui. Penggunaan obat flu yang mengandung paracetamol tidak membahayakan bayi walaupun dapat diserap oleh ASI.

2. Ibuprofen

Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga merupakan obat flu untuk ibu menyusui yang aman digunakan karena tidak membahayakan bayi. Ibuprofen termasuk golongan analgesik non-opioid yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri, sebagaimana paracetamol.

Paracetamol bukan satu-satunya obat flu ibu menyusui dalam meredakan pilek, demam, peradangan, sakit kepala, dan rasa nyeri di bagian tubuh lainnya. Anda bisa lega dalam menggunakan obat flu dengan kandungan ibuprofen. Ada beberapa pilihan nama dagang obat flu yang memiliki kandungan ibuprofen.

Baca Juga: Fakta Mengonsumsi Air Hujan, Aman atau Tidak?

3. Dekstrometorfan

Berbeda dengan dua obat flu ibu menyusui sebelumnya, dekstrometorfan termasuk obat flu golongan antitusif yang memiliki manfaat untuk mengatasi batuk kering yang tidak produktif. Tak jarang, flu disertai batuk kering (tidak berdahak) dan ini cukup menyiksa.

Pada dasarnya, obat flu dengan kandungan dekstrometorfan cukup aman digunakan oleh para ibu yang menyusui. Hal ini dikarenakan pengaruhnya terhadap laktasi tidak memiliki risiko terhadap bayi.

Penggunaan dekstrometorfan pada beberapa ibu menyusui tidak diperbolehkan karena bisa membahayakan keselamatan ibu. Ibu menyusui yang mengalami asma dan diabetes kontraindikasi dengan dekstrometorfan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Gatal Akibat Diabetes

4. Bromhexine

Obat flu untuk ibu menyusui yang aman digunakan adalah Bromhexine. Kandungan obat flu yang satu ini termasuk golongan mukolitik. Manfaat Bromhexine dapat membantu ekspektorasi dengan cara mengurangi viskositas sputum.

Sering kali flu disertai batuk berdahak dan ini juga bisa menimpa ibu menyusui. Dahak yang cukup banyak dan seolah tak ada hentinya menimbulkan ketidaknyaman dan mengganggu aktivitas Anda saat menyusui si kecil.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Penis Sehat (Bagaimana ‘Punya’ Anda?)

5. Gliseril Guaiakolat

Selain Bromhexine, Gliseril Guaiakolat juga termasuk obat flu yang aman untuk ibu menyusui dan sama-sama berada pada kelas terapi mukolitik. Penggunaan Gliseril Guaiakolat bermanfaat untuk mengatasi flu disertai batuk berdak.

6. Obat Golongan Dekongestan

Pengobatan flu juga melibatkan obat dari golongan dekongestan. Dekongestan bermanfaat untuk mengurangi hidung tersumbat akibat pembengkakan mukosa. Cara kerja dekongestan adalah dengan menyempitkan pembuluh darah pada hidung yang tersumbat.

Ada beberapa jenis kandungan obat flu yang tergolong dekongestan, yakni seperti fenil propanol amin (PPA), fenilefrin , pseudoefedrin, dan efedrin. Akan tetapi, tidak semua obat dekongestan tersebut aman digunakan ibu menyusui.

Baca Juga: Tinggal di Provinsi Ini Bisa Bikin Panjang Umur ?

7. Chlorpheniramine Maleat

Chlorpheniramine maleat adalah obat yang berasal dari golongan antihistamin yang bermanfaat untuk meredakan beberapa gejala alergi yang juga mirip seperti gejala flu. Beberapa gejala tersebut seperti sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, dan lainnya.

Penggunaan Chlorpheniramine maleat dianggap aman karena pengaruhnya terhadap laktasi hanya sedikit, sehingga tidak membahayakan bayi. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan obat flu untuk menyusui yang satu ini, terutama jika bayi Anda terlahir secara prematur.***

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Kontingan atlet Kecamatan LAUT

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Daftar Ulang Kartu Semua Operator 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:45 WIB

Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengembalikannya!

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:30 WIB
X