• Senin, 27 Juni 2022

Informasi Kesehatan : 6 Cara Cepat dan Efektif Mengatasi Diare

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:00 WIB
Diare jadi penyakit yang sering serang anak-anak (Sumber : Pixabay)
Diare jadi penyakit yang sering serang anak-anak (Sumber : Pixabay)

BAACA.ID - Salah satu gangguan pencernaan yang cukup merepotkan adalah diare. Tak hanya membuat perut terasa sangat tidak nyaman, kita harus bolak-balik ke toilet demi buang air besar sehingga tentu akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Masalahnya adalah terkadang diare bisa berlangsung hingga berhari-hari lamanya.

Selain buang air besar hingga berkali-kali dalam sehari, penderita diare juga akan mengalami gejala muntah-muntah atau tubuh yang lemas. Bahkan, ada yang sampai mengalami dehidrasi. Karena alasan inilah diare harus segera ditangani agar cepat mereda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi mengatasi diare dengan cepat.

Baca Juga: Informasi Kesehatan : Agenesis Vagina: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

1. Memperbanyak asupan air putih

Saat diare menyerang, tubuh akan kehilangan cairan dalam jumlah yang sangat banyak. Jika sampai kondisi ini menyebabkan dehidrasi, dampaknya bisa fatal karena organ-organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal. Karena alasan inilah penderita diare harus mengonsumsi air minum dalam jumlah yang sangat banyak demi mengatasinya.

Selain itu, penderita diare juga tidak disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis minuman dengan kandungan kafein layaknya teh, kopi, minuman energi, dan minuman soda. Hal ini disebabkan oleh sifat diuretik dari kafein yang bisa memperparah kondisi dehidrasi yang sedang dialami.

Baca Juga: 39 Disabilitas Intelektual Siap Berlaga di Semarang, Gubernur Andi Sudirman Lepas Kontingen SOIna Sulsel

2. Mengonsumsi probiotik

Saat sedang terkena diare, kita sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik tinggi. Makanan-makanan ini adalah yang dihasilkan dari produk fermentasi layaknya tempe atau yoghurt.

Sebagai informasi, probiotik bisa mengembalikan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Hal ini tentu akan membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu, probiotik juga bisa membuat usus terhindar dari infeksi yang berbahaya.

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Daftar Ulang Kartu Semua Operator 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:45 WIB

Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengembalikannya!

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:30 WIB
X