• Kamis, 11 Agustus 2022

Syarat Umur Hewan Kurban yang Sah untuk Idul Adha, Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- Minggu, 26 Juni 2022 | 13:30 WIB
tips memilih hewan kurban yang layak untuk disembelih, kambing contohnya. (Pixabay/Nikiko)
tips memilih hewan kurban yang layak untuk disembelih, kambing contohnya. (Pixabay/Nikiko)

BAACA.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha, ummat Muslim di Dunia telah mempersiapkan untuk berkurban.

Dibalik persiapan kurban, ada hal yang wajib diketahui yaitu syarat hewan kurban. Khususnya berapa umur hewan ternak yang bisa dijadikan kurban agar ibadah sah.

Menanggapi hal tersebut Ustadz Adi Hidayat menjelaskan syarat hewan kurban yang didapatkan dari Rasulullah SAW yang dikutip dari salah satuvideo yang di unggah di kanal YouTube InsanMedia Grafis pada 26 Juli 2020.

Baca Juga: Mau Aglonema Berdaun Besar dan Rimbun? Lakukan Cara Ini!

Sebagaimana diberitakan portaljember.pikiran-rakyat.com yang berjudul "Berapakah Umur Hewan Kurban yang Sah untuk Idul Adha? Ini Syaratnya Kata Ustadz Adi Hidayat".

"Petunjuk kita mohonkan kepada Allah SWT, kemudian kita lacak pada keterangan Rasulullah SAW yang menyampaikan secara detail pesan dan petunjuk dari Allah yang diteruskan kepada kita," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan jika syarat kurban ini ditemukan dalam hadist riwayat muslim.

Baca Juga: Berikut 5 Aglonema Tercantik Dengan Harga Fantastis

"Kita kembali pada kitab-kitab hadist yang merangkum keterangan Rasulullah, kita bisa temukan dalam hadist riwayat muslim, nomor hadist 1963. Riwayatnya bersumber dari sahabat Jabir ra," Kata Ustadz Adi Hidayat.

Dalam riwayat tersebut disebutkan jika menyembelih hewan harus cukup usia.

"Janganlah kalian menyembelih hewan, ini dalam konteks yang khusus untuk berkurban. Kecuali hewan itu sudah cukup umurnya, cukup usianya," sambungnya.

Baca Juga: Berikut 5 Aglonema Tercantik Dengan Harga Fantastis

Namun, ada kondisi tertentu yang memperbolehkan seseorang berkurban atau menyembelih hewan di bawah umur.

"Kecuali engkau benar-benar sulit, tidak menemukan tentang umur yang ditetapkan ini. Maka silahkan, anda menyembelih hewan di bawah umur," tambah Ustadz Adi Hidayat dalam penjelasan tersebut.

Ustadz Adi Hidayat pun mulai menyebutkan umur atau usia hewan yang dapat di kurban kan saat Idul Adha nantinya.

Baca Juga: Kasus Dugaan Pengeroyokan Oleh Iko Uwais Kini Semakin Jelas Setelah Ditemukannya 2 Barang Bukti Baru

"Kalau kambing, kambing muda. Kalau domba, domba muda, sapi atau unta dengan kondisi yang ditentukan," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat menyebutkan jika hewan kurban dibagi menjadi tiga bagian yaitu kambing atau domba, sapi atau kerbau dan unta.

"Sekarang, berapa batasan tentang umur ini? Menurut para ulama, ini dibagi menjadi tiga bagian. Ada hewan jenis kambing dan domba, ada hewan sapi dan kerbau, ada hewan unta," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Baca Juga: Crazy Rich, Lisa BLACKPINK Beli Pesawat Pribadi, Berapa Harganya?

Usia kambing atau domba yaitu masuk satu tahun mau ke dua tahun. Sapi atau kerbau dua tahun, ketiga tahun dan unta yaitu lima tahun.

"Terkait tentang kambing domba dan sejenisnya itu sudah masuk satu tahun mau ke tahun ke dua. Memang ada fikih Hanafi dan Hambali yang mengkhususkan kambing dan domba boleh 6 sampai 7 bulan," ucap Ustadz Adi Hidayat.

"Namun umumnya disepakati, usia paling amannya masuk setahun ke tahun kedua. Kemudian sapi kerbau itu di usia dua tahun masuk ke usia ketiga. Sedangkan hewan unta, maka batasan unta disepakati lima tahun," sambungnya.***( Nalendra Yogeswara/PortalJember.com).

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: portaljember.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X