• Kamis, 11 Agustus 2022

5 Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan, Bisa Iritasi Kulit?

- Minggu, 26 Juni 2022 | 17:20 WIB
Ilustrasi - kacamata minus.*
Ilustrasi - kacamata minus.*

 BAACA.ID - Kacamata adalah alat bantu yang berfungsi untuk membantu mata agar dapat melihat objek lebih jelas, apabila mata tersebut mengalami kelainan refraksi mata yaitu minus, plus, dan silindris. Saat ini, produk kacamata yang beredar di pasaran tak melulu mahal. Anda dapat dengan mudah menemui penjual kacamata murah di berbagai tempat. Hati-hati, karena sejatinya ada bahaya memakai kacamata murah, lho!

Mengapa Memakai Kacamata Murah Berbahaya?

Kacamata diciptakan untuk membantu Anda yang memiliki mata minus, plus, atau silindris. Kacamata memiliki standar untuk dapat digunakan sebagai alat bantu penglihatan sesuai dengan kondisi gangguan mata yang diderita. Standar atau kriteria kacamata yang dimaksud tersebut meliputi:

  • Lensa kacamata memiliki pelindung terhadap sinar ultraviolet (UV)
  • Lensa berukuran OD/R = 0, dan OS/L = 0
  • Lensa memiliki jarak antar pupil (interpupillary distance) yang akurat
  • Gagang frame kacamata harus sesuai dengan lekuk kepala
  • Cat pewarna frame kacamata berbahan aman

Baca Juga: Mau Aglonema Berdaun Besar dan Rimbun? Lakukan Cara Ini!

Kriteria atau standar kacamata ideal di atas umumnya hampir tidak dapat ditemui pada model kacamata murah yang dijual sembarangan. Inilah yang menjadi alasan mengapa pakai kacamata murah berbahaya. Alih-alih terbantu penglihatannya, yang terjadi justru timbulnya masalah baru pada mata para pengguna kacamata murah tersebut, setidaknya dalam jangka beberapa waktu ke depan.

Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan

Lantas, apa saja sih bahaya memakai kacamata murah? Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kacamata murah, simak penjelasan mengenai bahaya pakai kaca mata sembarangan harga murah berikut ini.

1. Menyebabkan Katarak

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kacamata murah biasanya tidak dilengkapi dengan lensa pelindung sinar UV-A dan UV-B. Padahal, mata yang terpapar sinar ultraviolet lama-kelamaan akan menyebabkan lensa mata menjadi keruh akibat protein yang rusak. Kondisi lensa mata yang mengeruh itu lantas kita kenal sebagai katarak.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X