• Kamis, 11 Agustus 2022

5 Makanan Tinggi Antioksidan Pencegah Kanker

- Kamis, 30 Juni 2022 | 05:00 WIB
Makan buah saat perut kosong bisa sembuhkan kanker?  (Foto: Thinkstock )
Makan buah saat perut kosong bisa sembuhkan kanker? (Foto: Thinkstock )

 

BAACA.ID - Tanpa disadari, kita terpapar berbagai macam radikal bebas setiap hari. Paparan ini berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi, polusi udara yang kita hirup, dan berbagai hal lainnya. Jika kita tidak mengatasi paparan radikal bebas ini dengan menggunakan antioksidan, dikhawatirkan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, alzheimer, gangguan kardiovaskular, penuaan dini, dan lain sebagainya.

Makanan tinggi antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas


Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan antioksidan demi melawan paparan buruk radikal bebas sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit.

Berikut adalah beberapa makanan tinggi kandungan antioksidan yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Tak Terduga dari Makan Pare

1. Buah ceri
Buah ceri memiliki kandungan antioksidan alami bernama antosianin. Kandungan inilah yang membuat warnanya menjadi kemerahan. Di dalam 100 gram buah ceri terdapat kandungan oxygen radical absorbance capacity sebanyak 4,803. Hal ini berarti, antioksidan di dalam buah ceri cenderung sangat mudah diserap oleh tubuh dan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi 20 butir ceri setiap hari mampu menurunkan gejala nyeri akibat serangan asam urat, mencegah kanker dan penyakit jantung.

2. Stroberi
Stroberi yang memiliki kombinasi rasa manis dan asam ini tinggi kandungan vitamin C. Sebenarnya, vitamin C juga bisa disebut sebagai antioksidan karena kemampuannya dalam membuat sistem kekebalan tubuh tetap kuat, mencegah anemia, dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X