• Senin, 15 Agustus 2022

APIP Diingatkan Tito Agar Tingkatkan Integritas

- Minggu, 31 Juli 2022 | 20:34 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Kemendagri)

BAACA.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menympaikan, kalau  (APIP) memiliki peran strategis dalam menunjang dan memperkuat efektivitas sistem pengendalian intern guna mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

Maka dari itu, mantan Kapolri itu mengingatkan (APIP) agar mampu meningkatkan integritas.

Hal itu disampaikan Mendagri dalam Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia dengan tema 'APIP Kawal Kepatuhan Penyelenggaraan Pemda', Selasa27 Juli 2022.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Perkuat SJSN untuk Antisipasi Ancaman Krisis

"Peningkatan integritas pegawai inspektorat ini tidak gampang, karena APIP, inspektorat itu adalah "sapu". Sapu yang berusaha selain mencegah, (juga) membersihkan sampah atau kotoran yang bisa menodai jalannya pemerintahan yang bersih, clear government dan clean government," kata Mendagri.

Kendati merupakan suatu hal yang sulit dilakukan, 'integritas' dalam jiwa setiap aparatur bukanlah sesuatu yang tak dapat diwujudkan.

Menurutnya, upaya peningkatan integritas dapat ditempuh melalui berbagai cara, salah satunya lewat jalur formal seperti pemberian motivasi melalui giat BerAKHLAK, atau kegiatan keagamaan.

Baca Juga: Nenek dan Cucu Korban Kebakaran di Desa Banyuanyara Takalar Kedatangan Relawan dari Gubernur Sulsel

BerAKHLAK menjadi core values Aparatur Sipil Negara (ASN), yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X