• Senin, 15 Agustus 2022

Keren, Inovasi Teh Talua Instan Pertama Karya Mahasiswa!

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:09 WIB

Baaca.id, Universitas Pertamina, 1 Agustus 2022 - Dikatakan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, dalam peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) atau World Egg Day (WED) 2022, Kamis (28/07/2022), Pemprov Sumbar akan mempopulerkan berbagai kuliner khas daerah berbahan dasar ayam dan telur. Salah satunya adalah teh talua.

Minuman khas minang berbahan dasar teh, telur, dan jeruk nipis ini, terkenal akan khasiatnya dalam meningkatkan stamina tubuh. Tak heran, jika minuman ini banyak dikonsumsi untuk menangkal berbagai penyakit. Meski pembuatannya terkesan sederhana, sebagian orang kesulitan untuk menghilangkan bau amis pada minuman yang berasal dari telur mentah.

Berbekal keinginan membuat teh talua dapat dikonsumsi masyarakat luas dengan lebih praktis, kelompok bisnis rintisan beranggotakan enam mahasiswa Universitas Pertamina (UPER), mengembangkan produk teh talua instan pertama di Indonesia.

Baca Juga: Selama di Jepang, Berikut Agenda Jokowi

Keenam mahasiswa penerima Beasiswa UPER asal SMAN 1 Sumatera Barat tersebut adalah: Zikri Anugrah Harahap (Program Studi Teknik Perminyakan); Muhammad Irsyad (Teknik Logistik); M. Fadillah Jonia Putra (Teknik Mesin); Wike Elannisah (Ilmu Kimia); Rahma Audia Pertiwi (Teknik Lingkungan); dan Widian Wardina (Teknik Geologi).

Dengan dukungan penuh dari kampus, kelompok bisnis rintisan mahasiswa ini berhasil mendapat bantuan permodalan dan pembinaan dalam dua program sekaligus. Yakni Program Inkubasi Bisnis UPER dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022 besutan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Dikatakan pendiri usaha, Zikri, produk kuliner teh talua instan ini adalah yang pertama di Indonesia. “Usaha ini sebetulnya sudah saya dirikan pada tahun 2020 lalu saat menginjak bangku SMA. Namun, pada saat itu belum banyak peluang yang dapat saya manfaatkan untuk mengembangkan usaha. Beruntungnya, saya berkuliah di UPER, sehingga bisa mendapatkan akses bantuan pembinaan dan permodalan mencapai hingga 22 juta rupiah,” ujar Zikri dalam wawancara daring, Senin (01/08/2022).

Baca Juga: Farhat Abbas Resmi Daftar Partainya Di KPU, Dapat Posisi Ke-9

Pada saat pengembangan produk, dikatakan Zikri, tak kurang dari seratus bungkus teh talua instan telah ia uji cobakan kepada keluarga, guru, dan teman di sekolahnya. “Respon mereka pada saat itu sangat positif. Bahkan mengatakan bahwa produk yang saya kembangkan ini meskipun praktis dan instan, namun tidak menghilangkan cita rasa dari teh talua,” terang mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang kuliner tersebut.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X