• Kamis, 8 Desember 2022

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Pimpin Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otsus Papua

- Sabtu, 12 November 2022 | 14:56 WIB
Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)
Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)

BAACA.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin ditunjuk memimpin Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua atau Badan Pengarah Papua.

Badan ini merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Penunjukkan ini sejalan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua yang diresmikan pada 21 Oktober 2022 lalu.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Andi Sudirman Serahkan Dana Hibah Rp1,5 Miliar untuk Masjid Agung Sultan Alauddin UIN

Badan ini beranggotakan Menteri Dalam Negeri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan, serta satu orang perwakilan dari setiap provinsi di Provinsi Papua.

Provinsi Papua adalah provinsi-provinsi yang berada di wilayah Papua yang diberi otonomi khusus (otsus) dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Perpres menyebutkan, anggota Badan Pengarah Papua yang berasal dari perwakilan setiap provinsi di Papua harus orang asli Papua (OAP) dan bukan berasal dari pejabat pemerintahan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) baik provinsi maupun kabupaten/kota, Majelis Rakyat Papua (MRP), serta anggota partai politik.

Baca Juga: Ini Pesan Walkot Parepare Taufan Pawe untuk Pengurus SMSI Parepare

“Badan Pengarah Papua mempunyai tugas melaksanakan sinkronisasi, harmonisasi, evaluasi, dan koordinasi percepatan pembangunan dan pelaksanaan otonomi khusus di wilayah Papua sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Perpres.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X