• Minggu, 29 Januari 2023

Diskusi Hari Antikorupsi, GP-MAK Minta Pemerintah Akomodir Izin Pertambangan Rakyat

- Jumat, 9 Desember 2022 | 18:12 WIB
Diskusi Hari Antikorupsi, GP-MAK Minta Pemerintah Akomodir Izin Pertambangan Rakyat (istimwa)
Diskusi Hari Antikorupsi, GP-MAK Minta Pemerintah Akomodir Izin Pertambangan Rakyat (istimwa)

BAACA.ID - Gerakan Pemuda Milenial Anti Korupsi (GP-MAK) menggelar diskusi bersama sejumlah aktivis 98 untuk peringati Hari Anti Korupsi Se-Dunia.

Diskusi ini mengangkat tema "Bangkit Bersama Rakyat Kelolah Sumber Daya Alam Melalui Izin Pertambangan Rakyat" di Posko Perjuangan GP MAK Jalan Urip Sumihardjo KM 4 Nomor 227, Makassar, Jumat 9 Desember 2022.

Narasumber dalam diskusi ini, mantan Direktur LBH Makassar yang juga aktivis 98, Abdul Azis SH, Direktur Eksekutif Pusat Informasi Lingkungan Hidup Indonesia (PILHI) Syamsir Anchi dan Wakil Koordinator GP-MAK, Firmansyah. Hadir dalam diskusi yakni mahasiswa dari beberapa kampus di Makassar.

Baca Juga: Andi Amran Sulaiman Akan Terima Kembali Kunjungan Anies Baswedan

Dalam pemaparannya, Abdul Azis SH mengatakan, pemerintah Indonesia harus bergerak cepat menyelamatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki negeri ini. Menurutnya, sumber daya alam mesti dikelolah secara tepat agar menghasilkan pendapatan bagi negara dari sektor pajak.

"Pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang tepat dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan manusia atau penduduk saat ini, tanpa mengurangi potensi SDA untuk kebutuhan manusia masa akan datang," kata Abdul Azis SH.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin angkatan 1992 itu, menambahkan, potensi SDA yang ada, misalnya minyak, batubara dan nikel, harus benar-benar dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.

Baca Juga: Blibli Histeria Spektakuler 12.12: Diskon Gercep Serba Rp12 Ribu Hingga Cashback Jutaan Rupiah

"Jangan sampai potensi SDA, seperti batubara dan nikel hanya dinikmati segelintir pengusaha yang punya modal besar saja, tetapi rakyat hanya menjadi penonton. Kalau itu terjadi, ini bisa menimbulkan kesenjangan dan itu tidak baik bagi bangsa ini ke depan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengembalikan Suara yang Hilang

Minggu, 8 Januari 2023 | 15:35 WIB

Ini Sederet Harapan Gubernur Sulsel di Tahun 2023

Sabtu, 31 Desember 2022 | 21:47 WIB

Cara Masuk Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Admin

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:11 WIB
X