• Minggu, 29 Januari 2023

Resmi Disahkan DPR, Begini Isi UU Perjanjian Indonesia-Singapura tentang Ekstradisi Buronan

- Minggu, 18 Desember 2022 | 02:13 WIB
Resmi Disahkan DPR, Begini Isi UU Perjanjian Indonesia-Singapura tentang Ekstradisi Buronan (Istimewa)
Resmi Disahkan DPR, Begini Isi UU Perjanjian Indonesia-Singapura tentang Ekstradisi Buronan (Istimewa)

BAACA.ID - Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perjanjian antara Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Pemerintah Republik Singapura tentang Ekstradisi Buronan menjadi Undang-Undang (UU).

Pengesahan dilakukan di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Desember 2022 lalu yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Perjanjian Ekstradisi antara Pemerintah RI dan Singapura tidak lepas dari posisi Singapura sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Baca Juga: Pelantikan KKLR, Gubernur Andi Sudirman Tegaskan Komitmen Bangun Luwu Raya

Dengan intensitas pergerakan warga kedua negara yang tinggi, serta kebijakan Indonesia yang memasukkan Singapura ke dalam daftar negara bebas visa, menyebabkan Singapura kerap menjadi tujuan akhir atau tujuan transit pelaku kejahatan.

“Adanya kerja sama ekstradisi dengan Singapura akan memudahkan aparat penegak hukum dalam menyelesaikan perkara pidana yang pelakunya berada di Singapura,” ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly.

Selain itu, lanjut Menkumham, Perjanjian Ekstradisi RI dan Singapura didukung oleh kedekatan hubungan bilateral dan geopolitik antara Pemerintah RI dengan Singapura, untuk mencegah timbulnya potensi permasalahan penegakan hukum yang disebabkan adanya batas pada wilayah yurisdiksi tersebut.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Luncurkan Identitas Kependudukan Digital Tingkat Provinsi Sulsel

“Pengesahan Undang-Undang Ekstradisi ini menjadi dasar hukum bagi Pemerintah Indonesia agar dapat memberikan kepastian hukum bagi kedua negara terkait perjanjian ekstradisi,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Fikri Rahmat Utama

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengembalikan Suara yang Hilang

Minggu, 8 Januari 2023 | 15:35 WIB

Ini Sederet Harapan Gubernur Sulsel di Tahun 2023

Sabtu, 31 Desember 2022 | 21:47 WIB

Cara Masuk Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Admin

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:11 WIB
X