• Kamis, 8 Desember 2022

Ganti Rugi Bendungan Paselloreng Tak Kujung Terbayarkan, Masyarakat: Kami Siap Kepung Kantor ATR/BPN Wajo

- Rabu, 16 November 2022 | 08:56 WIB

BAACA.ID -Bendungan Paselloreng yang terletak di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan telah diresmikan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 09 September 2021. Peresmian tersebut menandakan bahwa seluruh proses pembangunan Bendungan Paselloreng telah selesai. Ironisnya, hingga mendekati akhir tahun 2022, masih menyisahkan kemelut pembayaran ganti rugi lahan masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dilapangan, bahwa masyarakat desa di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo, yakni Desa Arajang, Desa Paselloreng, Desa Minangatellue telah menerima undangan musyawarah pembayaran ganti rugi lahan Bendungan Paselloreng sejak 20 Mei 2022 yang disertai dengan lampiran nominal pembayaran ganti rugi lahan masyarakat dari Kantor ATR/BPN Kabupaten Wajo.

Baca Juga: konten publikasi infografis salah satu inovasi Mahasiswa/i UPER yang bernamakan : Healing UP

Undangan yang diterima masyarakat tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Wajo. Namun hingga saat ini, kurang lebih 6 (enam) bulan lamanya setelah menerima undangan, masyarakat tak kunjung dibayarkan ganti rugi lahannya.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2021 dan Peraturan Presiden Nomor 148 tahun 2015 (perubahan ke 4 Peppres No.71 tahun 2012) tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan bagi Kepentingan Umum, bahwa Pengadaan Tanah bagi pembangunan untuk Kepentingan Umum diselenggarakan melalui tahapan, perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan
penyerahan hasil.

Merujuk pada undangan musyawarah pembayaran ganti rugi lahan masyarakat yang disertai dengan lampiran nominal pembayaran, bahwa proses pengadaan tanah Bendungan Paselloreng telah melewati proses tahapan menurut peraturan tersebut. Dengan kata lain, bahwa masyarakat yang telah menerima undangan seharusnya sudah menikmati hak atas ganti rugi lahannya untuk Bendungan Paselloreng.

Baca Juga: Peringati Hut Ke-11, Ratusan Anggota Komunitas Profesi Sales Indonesia Antusias Ikuti Jalan Santai

Informasi yang diperoleh dari salah satu masyarakat Desa Paselloreng Kec.Gilireng yang telah menerima undangan musyawarah pembayaran ganti rugi lahannnya dari
Kantor ATR/BPN Kabupaten Wajo mengatakan bahwa harusnya sudah di bayar, tapi Kepala Pertanahan masih menunda pembayaran.

"Saya khawatir akan terjadi konflik sosial jika di biarkan terus menerus tanpa ada penyelesaian. Saya sebagai warga yang berhak atas tanah yang masuk areal bendungan akan mempertanggungjawabkan objek tanah milik saya" ucap Ansar, (13/11/2022).

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Habibna Makassar Gaungkan Anak Lorong Hijrah

Jumat, 25 November 2022 | 11:01 WIB

Diskominfo-SP Sulsel Luncurkan Portal Satu Data Sulsel

Senin, 21 November 2022 | 11:13 WIB

Terpopuler

X