BAACA.ID - Di Kota Makassar saat ini produk lokal sudah menjadi trend, hanya sedikit orang yang lebih memilih merek luar jika ada produk lokal yang kualitasnya sama.
Hal ini mendorong brand lokal meningkatkan kualitasnya serta bersaing secara promosi melalui instagram.
Dalam kegiatan pelatihan Digital Marketing di BLK Makassar dari tanggal 19-23 Desember 2022 instruktur Seftian Chow menyampaikan "saat ini kita sudah masuk era one brand one media" bermakna bahwa setiap brand harus membangun medianya sendiri.
Salah satu media penting bagi sebuah brand adalah Instagram yang mana Instagram sebagai kantor kedua bagi setiap brand yang ada dalam artian para pemilik brand harus membangun brand yang baik di Instagram.
dengan melalui caption, postingan, reels, dan hastag.
Baca Juga: Pakar Nasional dan Internasional Beri Solusi Hindari Bencana Pemanasan Global
Pada saat di forum grup diskusi (FGD) dianalisa ada 3 brand lokal di kota Makassar saat ini dengan pengelolaan Instagram teerbaik. Disimpulkan bahwa dari ketiga sebagai berikut:
Bunoshop (@bunoshopp28) sebagai urutan ketiga, Toko kosmetik yang menjual banyak jenis produk kecantikan dan fashion, dan ,menggunakan media sosial secara langsung dalam pemasarannya, dengan perolehan followers terbanyak 323K, alassanya karena harga terjangkau, kualitas produk dab banyaknya potongan harga dari setiap pembelian.
Queenfruits (@queen.fruits) sebagai urutan kedua, brand ini yang bergerak dalam penjualan dessert mereka memuluai bisninya dengan memproduksi langsung dan menggunakan media social secara langsung serta menggunakan aplikasi online seperti Gofood dan Grabfood dalam pemasarannya dengan perolehan followers brand lokal terbanyak yaitu 89K, alasaannya karena harga terjangkau citra rasa yang enak, dan promo yang menarik.
Missyshop (@missyshop.official) sebagai urutan pertama, brand yang gigih mengembangkan inovasi bisnisnya yang bergerak dalam penjualan pakaian mereka memuluai bisninya dengan memproduksi langsung dan menggunakan media social secara langsung dalam pemasarannya dengan perolehan followers brand lokal terbanyak yaitu 549K, alasaannya karena harga terjangkau untuk anak muda, mengikuti trand update fashion dan memeperoleh view terbanyak sebesar 143K.
Baca Juga: Resmi Disahkan DPR, Begini Isi UU Perjanjian Indonesia-Singapura tentang Ekstradisi Buronan
Di sampaikan oleh salah satu followers sekaligus customer yang berinisial F bahwa produknya memang bagus dan berkualitas dan harganya juga sangat terjangkau di kalangan menengah bawah sampai atas.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa missyshop merupakan salah satu brand lokal di Makassar dengan pengelolaan media sosial yang baik yang dibuktikan dengan followers terbanyak di Instagram.***
Artikel Terkait
Kesesuaian Kompetensi dan Wirausaha, Kunci Serapan Tenaga Kerja
Sulsel Masuk 5 Besar Peringkat Indeks Pembangunan Kepariwisataan Kemenparekraf
Ghazwul Fikri: Penyimpangan yang Dibanggakan dalam Naungan Kata Toleransi
Gubernur Andi Sudirman Luncurkan Identitas Kependudukan Digital Tingkat Provinsi Sulsel
Pelantikan KKLR, Gubernur Andi Sudirman Tegaskan Komitmen Bangun Luwu Raya