• Kamis, 8 Desember 2022

5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis pada Android

- Rabu, 28 September 2022 | 20:16 WIB
memeory penyimpanan penuh di smartphone android bisa disebabkan oleh berbagai hal (Photo by Deyvi Romero from Pexels)
memeory penyimpanan penuh di smartphone android bisa disebabkan oleh berbagai hal (Photo by Deyvi Romero from Pexels)

BAACA.ID - Untuk pengguna HP android, ada beberapa permasalahan salah satunya yaitu ruang penyimpanan yang hampir habis pasti sering dialami oleh pengguna HP android. Hal ini baru sadar diketahui apabila kamu gagal mendownload aplikasi dari playstore akibat dari memori internal yang penuh.

Apabila muncul pemberitahuan seperti “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat,” maka jalan satu-satunya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Namun saat ini masih ada cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis tanpa harus menghapus aplikasi yang ada di HP kamu.

Baca Juga: Tari Gandrang Bulo, Tarian Khas Makassar Penuh Banyolan

Terkadang ketika kita akan mendownload aplikasi baru, akan tetapu harus merelakan aplikasi yang ada untuk di uninstall adalah suatu pilihan yang berat. Masalahnya kedua aplikasi yang kita inginkan sangat penting untuk dipakai. Oleh karena itu, untuk mengatasi ruang penyimpanan yang hampir habis tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini :

1. Hapus Cache Aplikasi

Pertama, cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis yaitu dengan menghapus cache. Cache adalah sampah yang tersimpan pada saat memakai aplikasi. Jadi pada saat salah satu aplikasi dibuka, aplikasi tersebut nantinya akan menyimpan data-data tertentu. Itulah yang disebut dengan cache.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat 10 Muwashofat Tarbiyah

Kebanyakan dari file pada cache mengambil memori yang lumayam besar, bahkan bisa hingga ratusan MB. Membersihkan Cache bisa dihapus dengan aplikasi clean master yang ada di smartphone kamu atau aplikasi pembersih lainnya. Namun apabila tidak ada, kamu bisa mengikuti step-step berikut ini.

  • Langkah pertama yaitu buka menu “Pengaturan.”
  • Berikutnya klik menu Pengaturan dan pilih Manajemen Aplikasi.
  • Selanjutnya cari Nama Aplikasi dan kemudian klik Hapus Cache.

2. Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Baca Juga: Jangan Takut! Begini Cara Unik Menagih Utang Lewat WhatsApp

Cara kedua dapat kamu lakukan dengan memindahkan beberapa aplikasi ke Micro SD atau Memori Eksternal. Untuk memakai kartu memori yang mempunyai kapasitas besar seperti sd card 16 Gb atau 32 Gb. Dibawah ini adalah cara memindahkan aplikasi ke memori SD card:

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X