• Kamis, 8 Desember 2022

Cara Mengetahui Solenoid Valve Rusak dan Cara Mencegahnya

- Rabu, 28 September 2022 | 15:21 WIB
cara mengetahui solenoid valve rusak
cara mengetahui solenoid valve rusak

BAACA.ID - Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui solenoid valve rusak atau bagaimana kita dapat melihat suatu selenoid valve yang bagus atau rusak. Solenoid valve merupakan elemen kontrol yang sering dipakai dalam fluidics.

Solenoid valve bertugas untuk mematikan, release, dose, distribute atau mix fluids. Selaim itu untuk menggerakan piston valve dan dipakai untuk menggerakan blow zetvalve. Selenoid mempunyai beberapa macam bentuk yaitu selenoid foklif, selenoid bobcat, selenoid pressure oil. Komponen yang ada pada mesin sangat vital bagi kinerja kendaraan roda empat ini.

Baca Juga: Pengguna PCX Harus Tahu! Berikut Rekomendasi Oli Untuk Honda PCX

Salah satu bagian yang penting adalah karburator. Pada karburator terdapat katup seperti solenoid untuk bekerja pada putaran mesin. Apabila komponen tersebut rusak, maka harus cepat diatasi supaya mesin tetap bekerja optimal. Lalu, bagaimana cara memperbaiki solenoid valve rusak?

Biasanya selenoid yang rusak bisa kita cek secara visual, apabila tampilan pada selenoid tersebut sudah tidak layak pakai, namun jika kita melihat pada tampilan selenoid yang masih baru atau pengecekan selenoid ketika membeli selenoid, maka kita harus melakukan pengukuran, untuk memastikan kondisi selenoid masih layak pakai atau kondisi selenoid bagus.

Prinsip kerja dari selenoid ini yaitu dengan memanfaatkan sumber listrik yang mengalir melalui kawat email, sehingga kawat tersebut menjadi magnet. Solenoid mempunyai 2 jenis jika kita lihat dari penggunaan sumber listrik yaitu solenoid arus AC dan solenoid Arus DC, dalam mengetahui jenis sumber listrik yang dipakai pada solenoid, kamu dapat melihat name plate yang ada pada solenoid apakah solenoid yang dipakai arus AC atau Arus DC.

Baca Juga: Cara Cepat Perbaiki Resleting yang Rusak

Cara Kerja Solenoid Valve (SV)

Solenoid Valve atau Katup listrik merupakan katup yang digerakan oleh energi listrik, yang memiliki koil sebagai penggeraknya yang mempunyai fungsi untuk menggerakan piston yang dapat digerakan oleh arus AC maupun DC.

Solenoid valve ini memiliki lubang keluaran, lubang masukan dan lubang exhaust, lubang masukan diberi kode P, berfungsi sebagai terminal atau tempat udara masuk atau supply. Kemudian lubang keluaran, diberi kode A dan B, yang berfungsi sebagai terminal atau tempat udara keluar yang dihubungkan ke beban, sementara lubang exhaust diberi kode R, berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan udara terjebak ketika piston bergerak atau pindah posisi pada saat solenoid valve ditenagai atau bekerja.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X