• Kamis, 8 Desember 2022

Macam-macam Kapal Fiber dan Keunggulannya

- Rabu, 28 September 2022 | 13:00 WIB
model perahu fiber untuk nelayan
model perahu fiber untuk nelayan

BAACA.ID - Perahu fiber merupakan alat transportasi air yang terbuat dari serat fiber. Disebut perahu fiber, karena perahu tersebut sebagian besar berbahan dasar serat gelas atau fiberglass. Kapal fiberglass merupakan jenis kapal cepat yang terbuat dari bahan ringan dengan cara  mesin motor baling-baling bekerja maksimal.

Perahu fiber memakai mesin disel yang kemudian dipasang pada lambung kapal. Sebelum adanya model perahu fiber untuk nelayan tersebut bermunculan. Para nelayan biasanya menggunakan perahu terbuat dari kayu. Keterbatasan bahan kayu yang berasal dari hutan, kemudian banyaknya perawatan mendorong nelayan meninggalkan perahu kayu dan beralih ke kapal fiberglass tahun 2012.

Baca Juga: Kurang Percaya Diri dengan Penamppilan Anda? Lakukan Hal Ini Agar Terlihat Ganteng

Alasan Beralih Perahu Fiberglass dalam Model Perahu Fiber untuk Nelayan.

Sebagian besar nelayan menggunakan perahu fiber, karena lebih tahan lama dan tidak mudah lapuk aman untuk dipakai jangka panjang. Pembuatan model perahu fiber untuk nelayan dinilai lebih cepat dari perahu kayu, dan mudah perawatannya dengan biaya murah. Dari sinilah kemudian perlu adanya adanya kompetensi pengrajin pembuatan model perahu fiber untuk nelayan di masa depan.

Kelangkaan kayu untuk bahan perahu yang semakin sulit, maka potensi usaha bisnis perahu fiber semakin besar. Pelatihan pembuatan model perahu fiber untuk nelayan dengan pengenalan dan desain gambar perahu. Kemudian pembuatan cetakan, pembuatan FRP sampai finishing.

Baca Juga: Komponen Sistem Pengapian pada Mobil dan Fungsinya

Keunggulan Model Perahu Fiber untuk Nelayan

Perawatan Mudah dan Murah

Perawatan model perahu fiber untuk nelayan dianggap tidak banyak menggunakan biaya maupun waktu. Keunggulan inilah menarik sebagian besar nelayan banyak beralih ke perahu fiber. Perawatan model perahu fiber untuk nelayan dengan melakukan beberapa cara salah satunya pengecatan. Pengecatan ini diperlukan, sebab cat pada fiber yang sering terkena air akan mengelupas. Pengecatan juga sering dilakukan untuk menghindari kebocoran.

Baca Juga: Pernah Dengar Tari Gatotkaca? Berikut Ini Sejarah Hingga Fungsi Tari Gatotkaca Gandrung

Selain perawatan, perbaikan penting mendapat perhatian. Perahu yang telah dipakai lama, akibat benturan atau terkena benda tajam. Perbaikan perlu segera dilakukan ketika perahu mengalami kerutan, pengelupasan dengan penambalan,  pendempulan pada bagian fiber yang bermasalah juga menggunakan anyaman dan fiber dan alat perangkat khusus.

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X