• Kamis, 8 Desember 2022

Cara Menghitung SHU Koperasi Simpan Pinjam

- Selasa, 27 September 2022 | 20:54 WIB
Cara Menghitung SHU Koperasi
Cara Menghitung SHU Koperasi

Baaca.id - SHU sudah tidak asing lagi bagi para anggota koperasinya. Tapi tahukah Anda apa itu koperasi? Koperasi adalah badan usaha bersama atau organisasi ekonomi untuk mewujudkan dan meningkatkan perekonomian para anggotanya.

SHU bukanlah kata yang asing bagi anggota koperasi, namun cara menghitung SHU koperasi mungkin masih asing bagi mereka.

SHU merupakan sisa hasil usaha atau laba bersih yang diperoleh koperasi. Laba bersih sekarang dapat didistribusikan ke beberapa posisi, salah satunya adalah untuk anggota. Bagi hasil itu adil lho, jadi tidak sembarangan dibagikan. Mereka yang aktif di koperasi pasti akan dihitung.

Tentunya tujuannya untuk mencegah barang-barang tertentu agar tidak melakukan penipuan. Sulit bagi kita untuk menghindari penipuan ini, jadi kita harus memprediksinya dengan mengetahui cara menghitungnya. Anda tidak perlu lagi takut disesatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan! Berikut Jadwal Rilis Comeback Park Ji Hoon

Tanpa basa-basi lagi, lebih baik lihat komentar di bawah tentang cara menghitung SHU koperasi, serta contoh pertanyaan, agar mudah dipahami. Sebelum membahas cara menghitung SHU, ada baiknya kita bahas dulu apa itu SHU.

SHU adalah singkatan dari sisa hasil operasi. Bagi yang bukan anggota koperasi mungkin masih bingung apa itu SHU. Sementara bagi yang aktif di koperasi pasti sudah tahu artinya. Atau belum tahu? Secara sederhana, SHU adalah keuntungan bersih yang diperoleh koperasi dari penjualan.

Sekarang, keuntungan didistribusikan kembali ke berbagai lokasi, seperti dana cadangan operasi koperasi, dan didistribusikan di antara para anggotanya sebagai bentuk saling menguntungkan. Koperasi menganut prinsip dan prinsip gotong royong, yaitu pembagian keuntungan secara adil di antara para anggotanya, yang dapat dimaklumi. Kenapa harus dikembalikan ke member? Ya, karena operasional koperasi itu sendiri juga dikelola langsung oleh para anggotanya.

Baca Juga: Jokowi Bongkar Isi Materi Atas Kunjunganya Di Rusia-Ukraina, Berikut Penjelasannya

Halaman:

Editor: Zairini Fajrin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X