• Minggu, 29 Januari 2023

Getol Transformasi Digital, Universitas Pertamina Diganjar Penghargaan

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:09 WIB
Ilustrasi: Universitas Pertamina saat menggelar kegiatan perkuliahan hybrid.
Ilustrasi: Universitas Pertamina saat menggelar kegiatan perkuliahan hybrid.

BAACA.ID,-Universitas Pertamina, 21 Oktober 2022 - Melansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Indonesia saat ini tengah berupaya melakukan transformasi digital di sektor pendidikan. Untuk segera mencapai transformasi digital, Kemendikbud Ristek telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk jaringan komunikasi, listrik, dan internet.

Transformasi digital pada pendidikan mulai masif terjadi ketika pandemi COVID-19 memaksa berbagai institusi pendidikan ditutup dan beralih ke metode pembelajaran secara daring. Penelitian Vladimir Kryukov dari Vladivostok State University of Economics and Service, menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan akademis dapat memperluas jangkauan ilmu pengetahuan dibanding hanya bergantung dengan pengajaran dari dosen.

Baca Juga: Dekranas Akan Beri Pelatihan Anyaman Lontar dan Bambu

Menyadari hal itu, Universitas Pertamina (UPER) getol melakukan transformasi digital sejak 2021. Alhasil, kampus besutan Pertamina itu diganjar penghargaan Omni Education Platform of The Year dari Majalah Marketeers’ dalam ajang Marketeers’ Editor’s Choice Awards 2022. Penghargaan ini diberikan kepada 23 merk, termasuk UPER yang menjadi satu-satunya institusi pendidikan yang berhasil mendapatkan penghargaan di kategori transformasi digital di bidang pendidikan.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, ia sangat bangga dengan pencapaian Universitas Pertamina ini. Ia juga mengungkapkan, hal tersebut didorong oleh 10 Program Prioritas Universitas Pertamina, yang salah satunya adalah program UPER Go Digital.

Baca Juga: Dapat Bonus Rp 75 Juta, Atlet SEA Games asal Sulsel Akui Pertama Kali Dapat Bonus di Era Kepemimpinan

“Universitas Pertamina saat ini sedang menggencarkan program digitalisasi pembelajaran. Meskipun pembelajaran telah dilakukan secara luring sepenuhnya, kami tetap berusaha untuk mengembangkan sistem yang dapat memudahkan mahasiswa serta dosen dalam mengakses materi pembelajaran,” jelas Prof. Wirat saat ditemui di kantornya, Selasa (18/10).

Penghargaan Omni Education Platform of The Year dinilai dari beberapa kriteria umum, yakni keunikan program, kebaruan dan fungsionalitas program, jangkauan program, dan dampak nyata bagi masyarakat. Selain itu, aspek penting lainnya yang menjadi penilaian adalah tingkat keterlibatan sekaligus pengalaman baru yang disuguhkan oleh instansi bagi masyarakat.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Stok BBM & LPG di Luwu Raya Aman

Halaman:

Editor: Sasmita Siska Ayu Lestari

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X